Cerita Pemudik: Jakarta-Jepara Biasanya 48 Jam, Kini Hanya 12 Jam

Ilustrasi

Sayangi.com – Jarak tempuh Jakarta-Jepara Jawa Tengah yang pada tahun-tahun sebelumnya biasa ditempuh 48 jam kali ini hanya memakan waktu 12 jam.

Hal itu diceritakan seorang pemudik bernama Arie Nugroho kepada wartawan, Senin (11/6/2018).

“Pengalaman mudik kali ini, tahun 2018, sungguh luar biasa. Betapa tidak, dari sejarah mudik yang sudah saya mulai tahun 2012, tahun 2018 ini merupakan yang tercepat, ternyaman, dan terlancar. Jakarta-Jepara yang jaraknya kurang-lebih 500 km, saya tempuh dalam 12 jam perjalanan (termasuk istirahat 2 jam, dan kegiatan remeh-temeh: isi BBM dan ke toilet),”┬átutur Arie.

Arie mudik ke Jepara pada Jumat (8/6) pukul 10.00 WIB. Awalnya dia memprediksi bakal terjadi kemacetan saat masuk ke Jalan Tol Cikampek.

“Mulai KM 14 di Bekasi, laju kendaraan mulai melambat. Sampai akhirnya di KM 59 semuanya berakhir. Keluar dari KM 59 kurang lebih pukul 11.45 WIB. Selepas KM 59 Tol Cikampek inilah pengalaman mudik nyaman, lancar dan cepat dimulai,”┬ákata dia.

Namun kendaraan yang dia tumpangi hanya melambat saat di KM 14. Selebihnya, Arie mengemudikan kendaraan dengan lancar dan sampai di Jepara dengan selamat.

“Lepas dari jalan tol Trans Jawa, perjalanan saya lanjutkan melalui jalur Pantura sampai dengan Jepara. Tiba di Jepara pukul 22.00 WIB (lama perjalanan termasuk istirahat berbuka di Semarang 1 jam plus bermacet-macet ria di dalam Kota Semarang),” ujarnya.

Arie mengaku kondisi lalu lintas pada tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Dia bahkan mengaku sempat merasakan kemacetan saat mudik ke kampung halaman hingga mencapai 48 jam.

“Horor kondisi macet sepertinya telah menjadi pengalaman berharga bagi para stakeholder untuk berjibaku memberikan yang terbaik kepada masyarakat dalam menyambut momen spesial Lebaran. Tahun 2012 dan 2013 saya pernah merasakan lama perjalanan selama 48 jam dan 40 jam untuk menyelesaikan rute yang sama,” tuturnya.