Satu Hari Menjelang Bertemu Kim, Trump Telpon Presiden Korsel

Foto Yonhap
Foto Yonhap

Singapura,Sayangi.com- Sehari sebelum KTT Amerika dan Korea Utara, Senin (11/6/2018) Presiden AS Donald Trump berbicara lewat telepon dengan Presiden Korea Selatannya Moon Jae-in,

Istana The Blue House belum dapat memberi keterangan detail isi pembicaraan lewat telepon tersebut. Namun awak media memperoleh perihal pembiacaraan antara pemimpin Amerika Serikat dan Korea Selatan tersebut.

Dilansir kantor berita Yonhap dan dikutip Selasa (12/6/2018), Kim Eui-Kyeom, juru bicara Korea Selatan dalam konferensi persnya di The Blue House mengatakan bahwa Presiden Moon menyampaikan kepada Trump kalau rakyat Korea Selatan akan mendoakan kesuksesan pertemuan AS dan Korut tersebut.

Pada pemberitaan sebelumnya Presiden Donald Trump tiba di Singapura dengan pesawat kepresidenan AS Air Force One pada Minggu malam kemarin (10/6/2018) pukul 20.21 waktu setempat. Selesai mendarat Trump langsung menuju Shangri-La Hotel di 22 Orange Grove Road.

Sedangkan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Bandara Changi Singapura pada hari Minggu pukul 14.40 dan disambut oleh Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan.

Dalam KTT ini Amerika Serikat menginginkan agar Korea Utara mengakhiri program senjata nuklirnya yang bisa diverifikasi oleh dunia internasional. Hanya dengan langkah denuklirisasi sanksi PBB terhadap Korut akan diakhiri. Selain itu serta bantuan internasional akan mengalir ke negara itu.

sumber: washingtonpost.com