Memasuki Agenda Perundingan Kim – Trump Berjabat Tangan

Foto Pinterest
Foto Pinterest

Singapura,Sayangi.com– Presiden Amerika Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjabat tangan hari Selasa (12/6) pagi di Singapura. Jabat tangan tersebut dilakukan beberapa menit sebelum keduanya masuk ke sebuah ruangan di hotel Capella untuk mulai berunding tentang Denuklirisasi.

Diiringi kilauan ratusan kamera, kedua pemimpin itu bertemu dan bersalaman dihadapan sederetan bendera Amerika dan Korea Utara. Ini merupakan sejarah pertemuan pertama antara presiden Amerika dan pemimpin Korea Utara.

Dilansir dari VOA news Selasa (12/6/2018) iring-iringan mobil yang membawa Presiden Trump tiba lebih dulu di hotel Capella di pulau Sentosa. Tak lama beberapa menit kemudian Rombongan Kim tiba.

Pada Senin malam Gedung Putih melaporkan bahwa Presiden Trump akan meninggalkan Singapura hari Selasa malam setelah bertemu dengan Kim. Gedung Putih juga menambahkan bahwa perundingan pendahuluan antara pejabat Amerika dan Korea Utara “terus berjalan dan bergerak lebih cepat dari yang diperkirakan.”

Gedung Putih mengatakan Trump akan mengadakan pertemuan tatap-muka dengan Kim hari Selasa pagi ini, didampingi oleh penerjemah masing-masing. Setelah itu keduanya akan makan siang bersama dan kemudian menghadiri pertemuan yang dijadwalkan sebelumnya.

Pertemuan Kim dan Trump juga didampingi oleh menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Kepala Staf Gedung Putih John Kelly dan penasihat keamanan nasional John Bolton.

Presiden Amerika itu akan memberikan keterangan pers setelah pertemuan dan meninggalkan Singapura Selasa (12/6) malam waktu setempat. Laporan-laporan sebelumnya mengatakan Trump akan meninggalkan Singapura hari Rabu (13/6/2018).