Pengamanan Pilkada, Polri: Insya Allah Tanggal 27 Juni Kita Siap

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya terus mematangkan persiapan pengamanan Pilkada serentak 2018. Sejumlah langkah persiapan pengamanan juga terus dimatangkan.

“Kita semua di 171 wilayah yang Pilkada, kita siap. Kita lakukan latihan pra operasi dan penjagaan, pengawalan terhadap kartu suara, mulai dari pencetakan, pengamanan, sampai dengan distribusi.  Insya Allah tanggal 27 (Juni) nanti siap untuk pengamanan,” ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (12/6).

Untuk sejumlah daerah rawan di Pilkada 2018, kata Setyo, Polri juga telah memetakannya. Polri juga telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

“Ada beberapa (daerah) yang sudah dipetakan dari awal dan sudah koordinasi dengan kementerian, lembaga terkait maupun KPU. Diantaranya di Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Barat,” paparnya.

Mengenai isu hoax di gelaran Pilkada, lanjut Setyo, juga menjadi perhatian Polri. Oleh karenanya, Polri akan tegas terhadap pelaku hoax Pilkada.

“Kita pantau terus, sepanjang bisa kita kendalikan. Tapi kalau tidak, kita lakukan penindakan hukum,” tegasnya.

Lebih jauh Setyo juga menjelaskan, bahwa Polri juga akan melakukan patroli di sejumlah media sosial. Hal ini guna mengantisipasi penyebaran hoax di internet.

“Kita punya cyber patroli, kita pantau. Intinya polri tidak selalu mengedepankan penegakan hukum, kita kedepankan pendekatan lunak,” kata Setyo.