Ekses Investasi,Turki Bakal Alami Resesi

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, Foto Al- Masdar News
Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, Foto Al- Masdar News

Istambul,Sayangi.com- Resesi di Turki sudah didepan mata. Namun pemerintah baru hasil pemilihan umum pada 24 Juni mendatang memiliki peluang untuk melakukan langkah-langkah pencegahan.

Resesi Turki muncul lantaran dicetus oleh ketidakseimbangan ekonomi yang telah dibangun oleh investasi dalam beberapa tahun terkahir ini. Menurut Ekonom Daron Acemolu agar resesi bisa diredam pemerintah mesti melakukan reformasi ekonomi dan politik yang serius.

Dilansir ahvalnews6.com, Senin (17/6) Acemolu mengatakan dua dari tiga lira telah dihabiskan untuk membangun industry konstruksi di negara itu sejak 2010. Sebagai akibatnya, hal ini mempengaruhi produktivitas di negara setempat.

“Peningkatan produktivitas telah berubah negatif dan bukannya investasi dalam mesin dan kapasitas, sehingga terjadi ledakan investasi konstruksi,” kata Acemolu, seorang profesor ekonomi di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Lebih lanjut dia mengatakan tak hanya reformasi ekonomi yang diperlukan, tetapi langkah-langkah untuk memperkuat demokrasi, yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kualitas pertumbuhan negara itu.

Upaya pemerintah baru, lanjutnya, harus juga mencakup langkah memperdalam demokrasi. Selain hal tersebut pemerintah juga harus memperkuat peradilan, transparansi dalam kebijakan ekonomi,dan meningkatkan produktivitas.

Dia juga menilai pemerintah berikutnya, entah berkoalisi atau tidak, tidak dapat mencegah prospek ekonomi berubah negatif. “Kami jelas tidak berbicara tentang krisis sistemik, melainkan pertumbuhan negatif dan stagnasi.

Komitmen terhadap reformasi adalah hal yang penting, bukan apakah koalisi atau pemerintah satu partai berkuasa setelah pemilihan presiden.