Mantan PM Malaysia Najib Razak Akan Dijerat Pasal Pencucian Uang

Penggeledahan di rumah mantan PM Malaysia Najib Razak. Foto Arrifin Jamar
Penggeledahan di rumah mantan PM Malaysia Najib Razak. Foto Arrifin Jamar

Kuala Lumpur,Sayangi.com- Sumber dari pihak berwenang Malaysia yang menyelidiki skandal 1MDB menyebutkan mantan perdana menteri Najib Rajak sedang dipertimbangkan dengan pasal pencucian uang. Selain itu Najib juga akan dijerat pasal penyelewengan harta terkait skandal 1Malaysia Development Berhad atau skandal 1MDB.

Jaksa Agung baru Malaysia, Tommy Thomas mengatakan pada awal minggu ini, sedang mempelajari adanya kemungkinan tindakan pidana dan perdata. Hal tersebut akan diumumkan setelah ia menerima dokumen investigasi pada 1MDB dari Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC).

Sementara seorang sumber lainnya menyebutkan berdasarkan KUHP Malaysia mungkin Najib juga akan dituduh melakukan penyalahgunaan properti.Denda materi bakal diputuskan oleh pengadilan tergantung pada pelanggaran dan jumlah dana yang disalahgunakan

Selain denda, ancaman untuk perbuatan diatas aadalah hukuman penjara maksimal lima tahun,dan cambukan. Tetapi UU Malaysia melarang laki-laki yang berusia di atas 50 tahun dicambuk.Namun denda materi bakal diputuskan.

Menurut sumber itu, Najib mungkin juga menghadapi tuduhan pencucian uang, yang akan membawa hukuman maksimal 15 tahun penjara. Sedangkan denda diperkirakan lima kali nilai dari hasil pencucian uang yang Najib lakukan.

sumber:reuters