Angelina Jolie Saksikan Kenyataan Mengenaskan Saat Kunjungi Irak

Angelina Jolie bersama Ratu Elizabeth
Angelina Jolie bersama Ratu Elizabeth

Mosul,Sayangi.com- Utusan khusus lembaga pengungsi PBB (UNHCR), Angelina Jolie mengunjungi Mosul di Irak utara pada hari Sabtu.

Mosul adalah kota di Irak yang terbebas dari cengkeraman ISIS sejak setahun lalu. Ia mendesak masyarakat internasional untuk tidak melupakan warga yang berusaha membangun kembali kota mereka.

Pasukan Irak menyita Mosul pada Juli 2017 dari militan Daesh, yang menduduki kota itu tiga tahun sebelumnya. ISIS mengubah kota ini menjadi sebuah kubu “khalifah,” dalam kampanye militer yang membuat 900.000 penduduk mengungsi.

Dalam kunjungannya ke Mosul ini Angelina Jolie menyaksikan langsung berbagai peristiwa memilukan yang dialami oleh warga Mosul. Hal ini, terungkap dalam rekaman video yang dirilis resmi oleh UNHCR.

Video singkat tersebut dibuka dengan Angelina Jolie yang berjalan di sebuah gang kecil, di sela reruntuhan kota tersebut akibat bom. Ini adalah kehancuran terburuk yang pernah saya lihat selama bertahun-tahun bekerja dengan UNHCR. Orang-orang di sini telah kehilangan segalanya,” kata Jolie lewat pernyataan resmi PBB.