Kapolri Tinjau Pos Arus Balik di Cikopo, Diskresi One Way Diberlakukan Jika Terjadi Kepadatan

Kapolri M Tito Karnavian mendengarkan paparan dari Kapolda Jawa Tengah, saat meninjau pos terpadu arus balik Lebaran 2018 di Cikopo, Senin (18/6) sore

Cikopo, Sayangi.Com– Kapolri Jenderal Pol. H.M. Tito Karnavian beserta sejumlah pejabat Mabes Polri pada Senin (18/6) sore, meninjau Pos Pelayanan Terpadu di Cikopo Jawa Barat untuk memonitor secara langsung arus balik Lebaran Tahun 2018 bagi para pemudik yang menggunakan jalur darat.

Pejabat Utama Mabes Polri yang mendampingi Kapolri antara lain Asops Kapolri Irjen Pol. Drs. Deden Juhara, Karo Provost Divpropam Polri Brigjen Pol. Refdi Andri, dan Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol. Muhammad Iqbal.

Setiba di Pos Terpadu Cikopo Km 72, Kapolri menerima paparan dari Kapolda Jawa Barat, Kapolda Jawa Tengah dan Kapolda Metro Jaya yang melaporkan kondisi terkini serta antisipasi sesuai kerawanan di daerahnya masing-masing. Paparan ini dilaksanakan dengan video conference sehingga dapat diikuti oleh jajaran kepolisian di Polda Jateng, Jabar dan Metro Jaya.

Secara umum disampaikan bahwa arus balik sudah mulai terjadi namun kondisi arus lalu lintas masih normal meskipun terjadi kepadatan di beberapa lokasi. Diprediksi Senin malam ini hingga Rabu merupakan arus mudik gelombang pertama, dan arus mudik gelombang kedua akan terjadi pada hari sabtu dan minggu mendatang.

Dalam pengarahannya, Kapolri menyampaikan bahwa Presiden Jokowi memberikan apresiasi 4 Jempol kepada Polri dan stakeholder terkait dalam pengamanan serta pengaturan arus mudik Lebaran 2018. Apresiasi tersebut terkait diberlakukannya diskresi One Way di beberapa tempat untuk mengurai kemacetan yang bersifat dinamis sesuai dengan kondisi arus kepadatan. Juga pemberlakuan Contra Flow dan kebijakan gratis di beberapa pintu tol yang jalan nasionalnya mengalami kepadatan panjang.

Selain itu, Kapolri juga mengemukakan agar jajarannya memanfaatkan patroli sepeda motor untuk mengurai kemacetan di beberapa ruas jalan tol akibat banyaknya pengendara yang memanfaatkan rest area, serta kemacetan akibat kecelakaan lalu lintas di ruas jalan tol.

Hingga H+3 Lebaran 2018, dilaporkan bahwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi menurun 30 persen dibandingkan arus mudik lebaran 2017. Sedangkan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia turun 56 persen.