Soal Koalisi di Pilpres 2019, Demokrat Bantah Klaim Sandiaga Uno

Sandaiaga saat berlebaran dengan Keluarga SBY. (Foto: Instagram Sandiaga Uno)

Jakarta, Sayangi.com – Partai Demokrat membantah klaim Ketua Tim Pemenangan Pemilu Gerindra Sandiaga Uno bahwa telah terjadi sebuah kesepakatan antara Gerindra dan Demokrat untuk berkoalisi di Pilpres 2019. Sandi mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menitipkan pesan kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberi sinyal akan berkoalisi dengan Gerindra di Pilpres 2019.

Deputi VII Media Kogasma Partai Demokrat, Putu Rudana Supadma mengatakan. SBY sama sekali tidak pernah menitipkan pesan kepada Sandi melalui AHY. Sehingga Demokrat tidak berkoalisi dengan Gerindra.

“Tidak benar ada titipan pesan dari Pak SBY yang disampaikan melalui AHY. Dalam pertemuan 3 hari lalu, Mas AHY bertemu dengan saudara Sandiaga Uno dalam acara Halalbihalal Idul Fitri, bukan pertemuan politik,” ujar Putu melalui keterangannya, Selasa (19/6).

Selain itu, lanjut Putu, dalam berbagai kesempatan AHY selalu menyampaikan Demokrat belum menentukan akan berkoalisi dengan siapa di 2019 nanti. Menurut dia, situasi politik masih sangat dinamis sehingga peluang koalisi masih terbuka dengan parpol mana pun.

“Partai Demokrat masih menjajaki kesamaan visi dan misi dalam jalinan ikatan koalisi, serta bukan soal bagi-bagi kekuasaan, tapi soal prinsip, nilai-nilai, dan etika berpolitik yang baik,” ujarnya.

“Klaim sepihak yang disampaikan oleh Saudara Sandiaga Uno tentang sikap dan posisi Partai Demokrat (yang seolah-olah) sudah pasti bersama  dengan Partai Gerindra dalam Pemilu 2019 itu, tidak benar,” lanjutnya.

AHY, lanjut Putu, menyesalkan pernyataan Sandi. Putra sulung SBY itu juga mengimbau seluruh pihak untuk tak melontarkan pernyataan yang tidak faktual atau keluar dari konteks, baik secara sengaja maupun tidak. Hal ini semata-mata untuk mencegah terjadinya kebingungan di tengah masyarakat.

Pada Senin (18/6) lalu, Sandi mengklaim terus bertemu AHY dalam 3 hari libur Lebaran. Dalam kesempatan itu, Sandi mengklaim ada pesan yang dititipkan SBY.

“Saya ketemu juga dengan AHY selama 3 hari ini, memang Pak SBY bertitip pesan insya Allah kita bersama-sama di 2019 ini,” ungkap Sandi di Jakarta Timur.

Untuk memantapkan rencana ini, maka akan digelar pertemuan antara AHY dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto sebagai wujud komunikasi lanjutan yang sedang dijalin oleh Gerindra-Demokrat.

“Jadi nanti akan ada pertemuan lanjutan dan ini persiapan tengah dilakukan seiring mempersiapkan tanggal 27 Juni ada Pilkada,” pungkasnya.