Kemenhub Memprediksi Puncak Arus Balik Dimulai Petang Ini

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Posko Harian Mudik Lebaran Kemenhub Arif Toha mengatakan, perkiraan puncak arus balik di tol Cipali dan Cikampek akan terjadi petang ini, mulai sekitar pukul 18.00 WIB. Pasalnya, volume kendaraan yang melintasi kedua tol tersebut terpantau terus meningkat.

“Kepadatan pasti di Cipali dan Cikampek, kita fokus di sana dan monitor terus,” ujar Arif di Posko Mudik Lebaran Kemenhub, Jakarta, Selasa (19/6).

Kendati petang nanti diprediksi menjadi puncak arus balik, lanjut Arif, namun arus lalu lintas di kawasan tol Cipali dan Cikampek masih dapat dikatakan lancar. Dikatakannya, Kemenhub juga telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk menangani lonjakan arus balik.

“Antisipasi udah kita rencanakan termasuk angkutan jalan, antisipasi antara lain seperti kita akan lakukan satu arah dan contraflow,” jelasnya.

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ada tiga titik yang harus menjadi perhatian, terkait kemungkinan terjadinya antrean kendaraan. Tapi yang paling harus diperhatikan ialah tol Cipali, karena diprediksi mayoritas pemudik akan kembali ke Ibu Kota melalui tol tersebut.

Selain itu, Budi juga menegaskan, pihak kepolisian telah memiliki kewenangan penuh untuk melakukan diskresi dalam mengatur kepadatan kendaraan di titik-titik kepadatan arus mudik. Sehingga sejumlah keputusan rekayasa lalu lintas menjadi tanggung jawab polisi.

“Diskresi yang pertama berkaitan dengan contraflow dan one way, itu bisa dilakukan sewaktu-waktu dan ini sudah dilakukan dan yang kedua yang lebih lugas lagi adalah diskresi untuk membebaskan pembayaran,”┬ákata Budi dalam keterangannya, Selasa (19/6).