Kerjasama Bilateral Indonesia-Finlandia Berkembang Pesat

Foto englishflorall
Foto englishflorall

Jakarta,Sayangi.com- Indonesia dan Finlandia telah menyepakati untuk terus memperdalam skala kerja sama kedua belah pihak.

Kementerian Luar Negeri mencatat kedua negara telah mencapai perkembangan yang sangat signifikan sejak tahun lalu. Perdagangan bilateral kedua negara naik sebesar 66%. Selain itu angka wisatawan Finlandia naik lebih 21%. Dan penerbangan dari Helsinki ke Bali sudah dilakukan Maskapai penerbangan Finnair.

Baik Indonesia maupun Finlan sepakat untuk meningkatkan kerjasama di tiga bidang, yaitu kehutanan, energi terbarukan serta pendidikan dan ilmu pengetahuan.Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi lewat  rilisnya, hari Selasa (19/6/2018)

“Satu isu penting yang telah disepakati untuk segera diselesaikan adalah kerjasama pembebasan visa untuk pemegang paspor diplomatik dan dinas. Finlandia berjanji akan segera menyampaikan tanggapan terhadap draf MOU yang disampaikan Indonesia,” tulis Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi melalui rilisnya, hari Selasa (19/6/2018).

Mengenai ekspor Indonesia, secara khusus Menlu Retno menyinggung mengenai semakin meningkatnya ekspor kopi Indonesia. Beraneka biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia dapat diperoleh di berbagai supermarket di Finlandia.

Menurut laporan Dubes RI Helsinki, paling sedikit terdapat 16 jenis kopi Indonesia yang sudah masuk ke pasar Finlandia.

Dia juga meminta perhatian mengenai kelapa sawit Indonesia, yang masih mengalami perlakuan diskriminatif oleh Eropa.

Selain isu ekonomi, kedua negara yang diwakili oleh menteri luar negerinya juga membahas isu-isu global yang menjadi kepentingan bersama. Ini termasuk isu Afghanistan, keamanan di Timur Tengah, Laut Cina Selatan. Tak ketingggalan isu isu serta perkembangan terkini di Eropa.

Tidak ketinggalan satu kerjasama baru yang telah disepakati yaitu di bidang interfaith dialogue. Rencananya pertemuan pertama interfaith dialogue akan dilakukan September tahun ini.