Tersandung Korupsi Ipar Raja Spanyol Menghuni Penjara

Inaki Urdangarin Ipar Raja Spanyol Felipe. Foto Naples Herald
Inaki Urdangarin Ipar Raja Spanyol Felipe. Foto Naples Herald

Madrid,Sayangi.com- Inaki Urdangarin suami dari saudari Raja Felipe Cristina menyerahkan diri untuk dipenjarakan. Ia telah kalah banding untuk tuduhan korupsi. Ipar raja Spanyol antara 2004 dan 2006 menggelapkan uang dari yayasan nirlaba yang dipimpinnya. Tempat kejadian korupsi di di pulau Majorca.

Mantan pemain bola tangan Olimpiade 51 tahun ini dijatuhi hukuman lima tahun dan 10 bulan kurungan penjara lantaran penggelapan jutaan euro. Kasus ini menimbulkan kegemparan dan mencoreng citra keluarga kerajaan Spayol.

Skandal korupsi yang melibatkan Urdangarin pertama kali muncul pada 2010. Investigasi saat itu dilakukan di tengah krisis keuangan yang melanda Spanyol.

Skandal ini berkontribusi pada keputusan ayah Raja Felipe VI, Juan Carlos I untuk turun tahta pada 2014. Skandal korupsi Urdangarin menyebabkan kebangsawanan Spayol Urdangarin dan istrinya dicabut.

Penahanan Urdangarin terjadi enam hari setelah Mahkamah Agung menolak bandingnya. Urdangarin akan hidup di penjara kecil. Penjara tersebut menampung hingga 162 narapidana lainnya.

Dilansir dw.com pada 20 Juni 2018, masa hukumannya dimulai ketika Raja Felipe VI memulai kunjungan resmi ke Amerika Serikat. Raja Felipe telah bertemu Presiden Donald Trump pada Selasa, 19 Juni 2018.