Bahas Trump dengan China Pemimpin Korea Utara Melawat Jinping

Pemimpin Korea Utara Kim jong Un melihat luar dari jendela pesawat pada 9 Mei 2018. Foto KCNA
Pemimpin Korea Utara Kim jong Un melihat luar dari jendela pesawat pada 9 Mei 2018. Foto KCNA

Beijing,Sayangi.com- Kim bertemu dengan Presiden Xi Jinping untuk membahas hasil pertemuannya dengan Presiden AS Donald Trump. Lawatan Kim Jong Un ke China hanya berselang seminggu setelah pertemuannya dengan Donald Trump di Singapura pada 12 Juni lalu.

Kim mengunjungi China pada selasa kemarin. Ia dijadwalkan berada di China sampai hari ini Rabu (20/6). Sebelumnya, Tiongkok telah merespon positif pertemuan antara Washington dan Pyongyang. Presiden China Xi Jinping juga menawarkan bantuan terkait hal itu.

Kunjungan tersebut merupakan ketiga kalinya bagi Kim ke China di tahun ini. Selama ini China merupakan mitra diplomatik dan ekonomi utama Korea Utara. Namun China sempat berang dengan uji coba rudal Korea Utara.

Hingga berita ini diturunkan tidak diketahui pasti detail dari pertemuan tersebut. Hanya saja pengamanan di Great Hall of the People tampak diperketat. Gedung Great Hall kerap digunakan Presiden Xi untuk menjamu tamu kepala negara.

Dilaporkan,Tiongkok amat senang dengan ditangguhkannya latihan militer AS-Korsel. Bagi China dihentikannya uji coba senjata Korut dan penundaan latihan militer AS-Korsel adalah hal sangat positif.

sumber:scmp