Berkat Visi 2030 Perempuan Saudi Bakal Mandiri

Keputusan wanita Saudi boleh mengemudi akan dilaksanakan antara 23 dan 24 Juni 2018, berdasarkan kalender Islam. Foto Reuters
Keputusan wanita Saudi boleh mengemudi akan dilaksanakan antara 23 dan 24 Juni 2018, berdasarkan kalender Islam. Foto Reuters

Dhahran,Sayangi.com– Mulai 24 bulan Juni 2018, perempuan Arab Saudi mulai diizinkan mengendarai mobil untuk pertama kalinya. Salah satu warga Saudi, Amira Abdulgader menyatakan duduk di belakang kemudi, berarti andalah yang mengendalikan perjalanan. Bagi Abdulgader, 24 Juni adalah hari untuk merayakan perubahan itu.

Ia baru saja selesai belajar mengemudi. Pegawai perusahaan minyak Aramco menyebutkan, saya ingin mengendalikan setiap detail perjalanan saya. Saya akan menjadi orang yang memutuskan kapan harus pergi, apa yang harus dilakukan, dan kapan saya akan kembali.

Kami membutuhkan mobil untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kami bekerja, kami adalah ibu, kami memiliki banyak kegiatan sosial. Kami harus pergi keluar sehigga kami perlu transportasi. Mengemudi akan mengubah hidup saya,” ungkapnya dengan penuh kegembiraan.
Abdulgader adalah salah satu dari sekitar 200 perempuan di perusahaannya yang mengambil keuntungan dari tawaran perusahaan untuk mengajar karyawan perempuan dan keluarganya di akademi mengemudi di Dhahran.

Kursus mengemudi itu merupakan bagian dari  revolusi sosial (Visi 2030) yang dicetuskan putra mahkota 32 tahun, Mohammed bin Salman.

Pada 24 Juni, Amira Abdulgader ingin pergi ke rumah ibunya dan membawanya untuk melakukan perjalanan. Sebenarnya ini adalah rencana pertama saya,yang ingin saya nikmati hanya dengan ibu saya tanpa orang lain,ungkap Amira kepada awak media.

sumber: reuters