Informasi Gelombang Tinggi Selama Arus Balik 20-26 Juni 2018

Foto BMKG
Foto BMKG

Jakarta,Sayangi.com- Adanya peningkatan kecepatan angin timuran hingga 46 km/jam di prakirakan masih cukup bertahan hingga tanggal 26 Juni 2018. Kondisi ini akan terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia khususnya Laut Jawa bagian timur, Selat Makassar bagian selatan, Laut Banda, Laut Arafuru.

Selain laut tersebut beberapa perairan yang berhadapan dengan laut lepas seperti perairan selatan Jawa hingga NTT, kondisi ini dapat menyebabkan pertumbuhan gelombang tinggi yang akan berdampak pada proses arus balik lebaran 2018.

Potensi gelombang tinggi diprakirakan akan terjadi di perairan Indonesia selama arus balik lebaran 20 – 26 Juni 2018 di beberapa wilayah berikut :

Tinggi gelombang 1.25 – 2.5 meter :
Selat Malaka bagian utara,Perairan barat Aceh,Perairan barat P. Simeuleu hingga Kep. Mentawai,Perairan Enggano – Bengkulu

Perairan selatan P. Sawu – P. Rote – Kupang,Selat Sumba,Selat Ombai,Selat Sape bagian selatan,Laut Sawu,Laut Timor

Laut Jawa bagian barat dan tengah,Perairan utara Jawa Timur hingga Kep. Kangean,Laut Flores

Perairan timur Sulawesi Tenggara,Perairan Kep. Sermata hingga Kep. Tanimbar,Perairan Kep. Kai dan Kep. Aru,Perairan selatan Ambon
Laut Arafuru bagian timur

Sementara Tinggi gelombang 2.5 – 4.0 meter diprakirakan terjadi di:
Perairan Sabang,Perairan barat Lampung,Selat Sunda bagian selatan
Laut Jawa bagian timur,Selat Makassar bagian selatan

Perairan selatan P. Jawa hingga P. Sumba,Selat Bali bagian selatan
Selat Lombok bagian selatan,Selat Alas bagian selatan,Laut Banda
Laut Arafuru bagian tengah dan barat

Penyeberangan Merak – Bakaheuni dan Ketapang – Gilimanuk diprakirakan masih relatif aman dengan ketinggian gelombang berkisar antara 0.25 – 0.75 meter. Perlu menjadi perhatian untuk jalur penyeberangan Gresik – Pulau Bawean dan Pulau Sabang – Banda Aceh gelombang dapat mencapai ketinggian 2.0 – 2.5 meter.

Dengan kondisi gelombang laut yang masih cukup tinggi dibeberapa wilayah Indonesia, masyarakat dan kapal-kapal yang melintas diimbau untuk tetap waspada dan siaga dalam melakukan aktivitas penyeberangan. Masyarakat diimbau untuk selalu memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang dari BMKG.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini mengenai informasi cuaca selama arus balik lebaran 2018 melalui jalur laut, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui:

Call center 0216546315/18,maritim.bmkg.go.id;
Follow Twitter @infoBMKG.
Aplikasi mobile “Info BMKG” di iOS dan Androidatau dapat langsung menghubungi  kantor BMKG terdekat.

sumber: BMKG