Bertraktor Petani Slovakia Lakukan Aksi Anti Pemerintah

Ilustrasi demo petani Slovakia. Foto Yahoo
Ilustrasi demo petani Slovakia. Foto Yahoo

Bratislava,Sayangi.com- Ratusan Massa petani Slovakia menggelar demo anti-pemerintah di ibukota Bratislava. Massa mengemudikan traktor ke Bratislava sejak hari Selasa (19/6). Protes ini dipicu dari dugaan skandal korupsi yang diungkap jurnalis asal Slovakia Jan Kuciak. Mereka memprotes dugaan ketidakberesan dalam pembayaran subsidi pertanian Uni Eropa dan beberapa aturan yang dibuat tidak transparan

Dilansir AFP, Sabtu (23/6/2018), massa petani turun ke jalanan beraliansii dengan demonstran anti-pemerintah. Dalam demontrasi ini para petani juga terlihat membagikan kembang kol, wortel dan kentang kepada demontran lainnya sebagai rasa terima kasih atas dukungan mereka.

Aliansi Demonstrasi anti pemerintah dipicu oleh pembunuhan wartawan Jan Kuciak yang mengekspos dugaan korupsi tingkat tinggi.Kuciak dan tunangannya ditembak mati oleh geng mafia tanah di depan rumahnya pada bulan Februari. Kuciak didor saat dia akan mempublikasikan tuduhan korupsi tingkat tinggi.

Pembunuhan Kuciak dan tulisan terakhirnya membuat negara di zona euro membuat 5,4 juta dilanda krisis. Pembunuhan awak media ini telah memicu protes massa mingguan yang memaksa pemerintah mengundurkan diri pada Maret.

sumber: AFP