Sebanyak 2.500 Personel Gabungan Siap Amankan Asian Para Games di Jakarta

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi,com/Tr setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Tim gabungan dari TNI dan Polri melakukan simulasi pengamanan Asian Para Games 2018. Simulasi pengamanan dilaksanakan di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (23/6).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pengamanan Asian Para Games juga tidak kalah penting dengan Asian Games. Pasalnya, keduanya merupakan even internasional yang membawa nama bangsa Indonesia.

“Karena event ini internasional, membawa nama bangsa, yang harus kita amankan,” ujar Argo di kawasan GBK.

Sebagai salah satu Provinsi yang menggelar Asian Para Games, Jakarta harus mempersiapkan gelaran tersebut secara matang. Karena selain sebagai ajang olah raga terbesar se-Asia, Asian Para Games dan Asian Games merupakan ajang untuk mengenalkan Indonesia, khususnya Jakarta di mata internasional.

“Kemudian juga harus kita jadikan moment ini investasi. Jadi contoh yang baik, nanti luar negeri melihat, Indonesia aman, lancar kan banyak investasi ke Indonesia,” jelasnya.

Untuk pengamanannya sendiri, kata Argo, sebanyak 2.500 personel gabungan Polri dan TNI akan disiapkan demi kelancaran gelaran Asian Para Games ini. Selain itu, ia berharap masyarakat juga dapat menjaga suasana kondusif selama acara ini dihelat.

“Nanti diharapkan masyarakat bisa menerima ini dan dapat menjadi tuan rumah yang baik,” katanya.

Karena atlet yang mengikuti Asian Para Games tidak sebanyak Asian Games, sehingga Argo belum dapat memastikan apakah akan ada pengalihan arus atau tidak.

“(Pengalihan arus lalu lintas) itu situasional saja kalau Para Games ya. Beda dengan Asian Games,” terangnya.