Ini Pelajaran yang Bisa Diambil dari Terpilihnya Kembali Erdogan Menurut Fahri Hamzah

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah/Foto: Sayangi.Com

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan, terpilihnya kembali Recep Tayyip Erdogan sebagai Presiden Turki, dalam pemilu pada Minggu (24/6), karena yang bersangkutan telah menunjukan  dalam mengelola pemerintahan di periode sebelumnya.

“Erdogan adalah sosok yang sangat mahir dalam politik, berbeda dengan para pendahulunya,” kata Fahri saat kepada wartawan, Senin (25/6).

Sosok Erdogan, kata Fahri, adalah generasi baru atau generasi kedua dari politik Islam di Turki, sebelumnya politisi Islam yang senior adalah Erbakan.

“Saya pernah bertemu dengan keduanya dan berbicara. Tetapi, memang Erdogan jauh lebih fleksibel dan mengutamakan kemampuannya untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa mereka bisa bekerja lebih baik. Itulah yang kemudian menyebabkan Erdogan terpilih,” tambahnya lagi.

Menurut Fahri, pelajaran yang dapat diambil oleh Indonesia, khususnya bagi para tokoh yang ingin mencalonkan dirinya sebagai pemimpin di pilpres 2019 nanti adalah, calon pimimpin harus memiliki inovasi. Karena memang politik itu adalah industri pemikiran.

Jadi, lanjut dia, di dalam itu harus sering-sering terjadi inovasi berupa perubaban-perubahan mendasar, yang membuat masyarakat itu merasa bahwa kepemimpinanya itu lebih baik daripada pemimpin yang lain.

“Kalau dihitung dari jumlah tahun berkuasa, sejak menjadi wali kota Istanbul (Erdogan menjadi walikota sejak tahun 1994), itu artinya sudah 24 tahun di politik. Menjadi PM itu sejak tahun 2003, kemudian dalam dua periode ini sekarang, setelah dirubah dari sistem parlementer ke presidensial, Erdogan berkuasa periode kedua menjadi presiden,” ujar Fahri.