Pilkada Serentak 27 Juni 2018 Jadi Hari Libur Nasional

Menkopolhukam Wiranto.

Jakarta, Sayangi.com – Hari Pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 pada tanggal 27 Juni mendatang resmi menjadi hari libur nasional seluruh Indonesia. Keputusan itu ditetapkan setelah ada persetujuan pemerintah.

“Ini sudah disetujui, maka itu libur nasional semua daerah,” ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Markas Besar Polri, Jakarta, Senin (25/6).

Sebelumnya, kata Wiranto, pemerintah memang mengkaji beberapa hal terkait hari libur saat pilkada serentak 2018. Yang menjadi pertimbangan pemerintah adalah pemilih yang berdomisili di luar 171 daerah itu.

“Jika hanya beberapa daerah akan ada mobilisisasi massa yang artinya kalau cuma 171 daerah yang libur maka mobilisasi akan terganggu,” kata Wiranto.

Senada dengan Wiranto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, Keputusan Presiden (Keppres) mengenai hari libur nasional untuk pilkada serentak akan segera terbit.

“Tinggal tunggu saja, sehari, dua hari ini,” ucapnya.

Diketahui, Pilkada serentak di 171 daerah di Indonesia akan dilaksanakan pada Rabu 27 Juni 2018 mendatang. Rinciannya adalah, 17 pemilihan gubernur, 39 pemilihan wali kota, dan 115 pemilihan bupati.