Lewat Kemenangan Pemilu Erdogan Perluas Cengkraman Kekuasaan

Presiden Erdogan memberikan suara di Istanbul didampingi istri dan dua cucunya/Foto: EPA.

Istambul,Sayangi.com- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah terpilih kembali. Ia telah mencetak kemenangan pada putaran pertama dengan perolehan suara lebih dari separuh. Awalnya Pihak oposisi mempertanyakan hasil tersebut, namun penantang utama kemudian mengakui kekalahannya. Lewat kemenangan kali ini Erdogan akan memegang kekuatan baru yang besar.

Para pendukung Presiden Erdogan merayakan berita kemenangannya di seluruh negara itu. Menurut kantor berita resmi Turki, Erdogan memperoleh hampir 53% suara. Presiden berusia 64 tahun itu menyampaikan pidato kemenangan di markas partainya di Ankara.

Erdogan mengatakan ia telah menerima pesan lewat kotak-kotak suara kemenangannnya. Ia juga menambahkan bahwa dia akan berjuang lebih gigih lagi dengan meningkatnya dukungan yang diterimanya dalam pemilihan.

Pihak oposisi awalnya mempertentangkan hasil tersebut. Pihak oposisi mengklaim hasil sudah diumumkan sementara masih banyak suara yang belum dihitung. Foto-foto apa yang disebut sebagai sejumlah karung surat suara yang belum dihitung beredar di media sosial.

Tetapi penantang utama dalam pilpres kali ini, Muharrem Ince, dalam pesan yang dikirim kepada penyiar berita Turki, mengakui kemenangan Erdogan walaupun mengklaim pemilihan itu tidak adil. Ince mendapat 31% suara dalam pemilihan yang ketat itu.

Erdogan sekarang memegang wewenang luas, yang disetujui dalam referendum tahun lalu, yang kononnya dicemari penipuan. Presiden yang terpilih kembali itu berjanji akan mempercepat agenda politiknya.

Erdogan mengatakan kepada pendukungnya bahwa Turki tidak punya waktu untuk disia-siakan. Katanya bendera Turki akan berkibar dengan kemenangannya Turki lebih bebas dan kedamaian bagi setiap warga negara akan lebih baik, ungkapnya.