Trump Tuduh Harley-Davidson Inc Angkat Tangan Lawan Uni Eropa

Foto West Central Tribune
Foto West Central Tribune

Washington,Sayangi.com- Presiden Amerika Serikat Donald Trump menuduh Harley-Davidson Inc. menyerah dalam perang dagangnya dengan Uni Eropa. Hal tersebut lantaran perusahaan Harley akan merelokasi produksi di luar AS. Langkah tersebut sebagai tanggapan atas pembalasan Eropa terhadap tarif pada logam impor.

Sebelum meninggalkan gedung putih Trump menulis twitternya” Saya terkejut bahwa dari semua perusahaan, Harley-Davidson akan menjadi yang pertama mengibarkan Bendera Putih.

Saya berjuang keras untuk mereka dan pada akhirnya mereka tidak akan membayar tarif (atas barang) yang dijual ke UE. Mereka telah sangat merugikan kami dalam perdagangan. Kerugian kami  mencapai US$151 Miliar. Pajak hanyalah alasan Harley, bersabarlah!” tulis Trump.

Sementara pihak Harley-Davidson Inc pada Senin kemarin menyebutkan bahwa tarif diberlakukan oleh Uni Eropa sebagai tanggapan terhadap tariff Trump pada baja dan aluminium impor. Kebijakan Trump terhadap Uni Eropa tersebut akan menyebabkan biaya operasional perusahaan Harley membengkak hingga US$100 juta per tahun.

“Untuk mengatasi biaya substansial dari beban tarif jangka panjang ini, Harley-Davidson akan menerapkan rencana untuk mengalihkan produksi sepeda motor untuk tujuan Uni Eropa dari AS ke fasilitas internasional untuk menghindari beban tarif,” ungkap Paul Ryan Jubir Harley.

Senada dengan Trump Sekretaris pers Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders meredakan sikap pengumuman pada Harley Senin pagi. Sarah Huckabee menyebutlkan bahwa kebijakan perdagangan dan ekonomi yang diterapkan Trump telah sangat bermanfaat bagi ekonomi AS.