Pesan Moeldoko Jelang Pilkada: Jangan Coba-coba Angkat Isu SARA

Kepala Staf Presiden, Moeldoko

Jakarta, Sayangi.com – Kepala Staf Kepresidenan mengingatkan kepada para pasangan calon kepala daerah maupun tim pemenangannya agar tidak mengangkat isu berbau Suku, Agama, Ras dan Adat (SARA) dalam ajang Pilkada Serentak 2018.

“Siapa pun dia, harus ingat itu. Jangan coba-coba mengangkat isu SARA dan identitas apapun. Bahwa hal-hal semacam itu jangan diangkat untuk menjadi sebuah instrumen yang pada akhirnya seolah-olah itu menarik untuk diangkat. Apalagi nanti akan membenturkan sesuatu,” kata Moeldoko dalam keterangan resmi, Selasa (26/6).

Mantan Panglima TNI itu mengungkapkan, isu SARA dalam ajang Pilkada berpotensi menimbulkan konflik di tengah masyarakat.

“Oleh sebab itu, saya meminta kepada siapapun termasuk tokoh-tokoh politik untuk menghindari isu SARA khususnya saat berlangsungnya Pilkada Serentak,” imbaunya.

Karena, lanjut Moeldoko, begitu memasuki area SARA itu, maka sesungguhnya itu nanti pada akhirnya akan memukul dirinya sendiri. Untuk itu, dia berpesan agar masing-masing memiliki sifat negarawan yang bijaksana.

Diapun mengajak semua oihak untuk menerapkan demokrasi dengan cara-cara yang baik.

“Mari kita terapkan cara baik dalam berdemokrasi dengan tidak menghalalkan segala cara,” kata dia.

Diketahui, Pilkada serentak di 171 daerah di Indonesia akan dilaksanakan pada Rabu, 27 Juni 2018 besok. Rinciannya adalah, 17 pemilihan gubernur dan wakil gubernur, 39 pemilihan wali kota dan wakil wali kota, serta 115 pemilihan bupati dan wakil bupati.