Festival Film Iran 2018 Promosikan Nilai Nilai Kemanusiaan

Dubes Iran untuk Indonesia Valiollah Mohammadi. Foto Istimewa
Dubes Iran untuk Indonesia Valiollah Mohammadi. Foto Istimewa

Jakarta,Sayangi.com- Kabar gembira bagi pecinta sineas. Kedutaan Besar Republik Islam Iran untuk Indonesia kembali mengadakan Festival Film Iran selama tiga hari di Jakarta. Mereka menayangkan tiga film bertema keluarga. Thema tersebut yang dinilai akan mampu mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan dan norma-norma kehidupan.

Festival film ini menjadi bagian dari Pekan Budaya Iran di Indonesia. Festival tersebut berlangsung pada 20 hingga 30 Juni 2018.

Menurut Dubes Iran untuk Indonesia Valiollah Mohammadi, rencananya acara ini menjadi agenda tahunan Kedubes Iran di Indonesia. Sebelumnya, Kedutaan Iran pernah mengadakan kegiatan serupa dua kali, tetapi kemudian absen selama empat hingga lima tahun terakhir.

Menurut Mohammadi awalnya Kedutaan Iran telah menyiapkan lima film Iran untuk ditayangkan secara gratis. Namun Plaza Indonesia sebagai rekan penyedia lokasi baru bisa menyediakan slot tiga jadwal penayangan film di bioskop XXI.

Sebenarnya kami siapkan lima film, tetapi karena tempat terbatas, jadi harus tiga film ini. Kami berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak Plaza Indonesia untuk slot waktu yang tersedia,” kata Valiollah kepada awak media di Plaza Indonesia, Selasa petang, 26 Juni 2018.

Tiga film yang ditayangkan adalah Bodyguard (2016) garapan sutradara Ebrahim Hatamikia. Crazy Rook atau Crazy Castle (2015) besutan sutradara Abdolhassan Davoudi. Serta film Where Are My Shoes (2016) racikan sutradara Keyiumars Pourahma.