Ini yang Jadi Fokus Polrestabes Medan Dalam Pilkada Serentak 2018

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Medan, Sayangi.com – Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto mengatakan, pihaknya bersama Polda Sumatera Utara dan Pangdam Bukit Barisan akan mengerahkan sebanyak 3.949 personel guna mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, hari ini, Rabu (27/6). Ia menilai hal itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi adanya potensi kerawanan Pilkada di kota tersebut.

Dikatakan Dadang, ada sejumlah isu kerawanan dalam Pilkada yang dilaksanakan hari ini, Rabu (27/6). Yang menjadi fokus perhatian Polrestabes Medan diantaranya ialah politik uang dan isu SARA.

“Untuk wilayah Polrestabes Medan ini, menjelang pemungutan suara itu ancaman yang paling menjadi perhatian adalah intimidasi, money politic, termasuk isu SARA masih berlangsung,” ujar Dadang kata Dadang di lapangan Merdeka, Medan, Selasa (26/6) malam.

Dadang juga menyebut ada 12 Tempat Pemungutan SUara (TPS) yang dianggap menjadi TPS rawan, diantaranya ialah diantaranya di Kecamatan Medan Baru, dan Kecamatan Pancur Batu. Sedangkan total TPS yang ada di Provinsi Sumatera Utara sendiri ada 3.949 TPS.

Lebih jauh Dadang juga menuturkan, petugas yang berjaga di tiap-tiap TPS juga berbeda jumlahnya. Namun secara garis besar, tiap TPS akan dijaga oleh empat personel Polri dan dua anggota Linmas.

“Jadi bervariasi tergantung kepada kondisi TPS tersebut. Kita kategorisasikan aman, rawan satu, dan rawan dua,” jelasnya.

Dadang juga berharap, dengan persiapan yang matang, masyarakat akan merasa aman. Rasa aman itu diharapkan dapat memberikan rasa kepercayaan dalam pelaksanaan Pilkada kali ini.