Pj Gubernur Sumut: Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada 2018 Cukup Tinggi

Penjabat Gubernur Sumatera Utara Eko Subowo. (Foto : Sayangi.com/Tri Setyo).

Binjai, Sayangi.com – Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Eko Subowo mengatakan, pihaknya bersama jajaran TNI dan Polri telah melakukan pemantauan langsung di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Sumut. Hal ini dilakukan untuk memastikan Pilkada Sumut berjalan kondusif.

“Saya bersama Pak Kapolda, Kodam, Polsek dan KPUD Sumut pagi ini meninjau beberapa TPS di Medan, Deli Serdang, di Binjai,” ujar Eko di Binjai, Sumut, Rabu (27/6).

Disampaikan Eko, tingkat partisipasi pemilih di Sumut cukup tinggi. Para pemilih telah antusias mendatangi TPS sejak pagi hari.

“Di sini (TPS Binjai) tadi sudah hampir 50 persen. Jadi sejalan dengan bergulirnya hari, mungkin nanti siang mudah-mudahan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya bisa maksimal,” katanya.

Hingga saat ini, sambung Eko, Pilkada berjalan tertib dan lancar. Ia berharap kondisifitas ini dapat terus berjalan hingga pasca Pilkada nanti.

“Saya lihat saksi-saksi dari pasangan calon masing-masing hadir biar semua berjalan secara demokratis. Mudah-mudahan kita berdoa semuanya bisa berjalan dengan baik sampai proses selesai,” paparnya.

Di tempat yang sama, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, pihaknya telah melakukan pengamanan Pilkada di seluruh wilayah. Sampai saat ini, tidak ada insiden terkait pelaksanaan Pilkada Sumut 2018.

“Sinergitas itu mengawali segalanya, artinya bahwa selama ini dengan semua pihak semua bekerja secara maksimal. Artinya membantu rasa ketenangan daripada pemilih sendiri,” katanya.

Hal senada disampaikan Ketua KPUD Sumut Mulia Banurea, ia merasa bangga dengan antusiasme warga Sumut yang cukup tinggi. Ini menurutnya mencerminkan pesta demokrasi telah benar-benar diterapkan di Sumut.

“Ini benar-benar pesta memilih pemimpin Gubernur dan Wagub lima tahun mendatang. Saya memantau bersama dengan Pj gubernur Sumut dan Pak Kapolda, pelaksanaan pemungutan suara ini berjalan baik,” tuturnya.