Menko Polhukam: Secara Garis Besar Pelaksanaan Pilkada 2018 Lancar dan Terkendali

Jakarta, Sayangi.com – Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menko Polhukam Wiranto mengadakan video conference (vicon), mengenai pengamanan Pilkada di 171 wilayah di Indonesia. Vicon yang dilakukan di Mabes Polri ini guna memastikan pengamanan, di seluruh daerah yang melaksanakan Pilkada serentak hari ini, Rabu (27/6).

Menko Polhukam Wiranto mengatakan, seluruh Kapolda dan Danrem di daerah yang melaksanakan Pilkada mengikuti vicon tersebut. Dari informasi yang ada, diketahui bahwa secara garis besar bahwa 171 daerah yang melaksanakan Pilkada berjalan lancar dan terkendali.

“Memang di beberapa daerah ada beberapa kendala teknis, seperti kekurangan surat suara, surat suara yang dilarikan oleh petugas KPPS. Tapi itu bisa diatasi dan berlangsung aman,” ujar Wiranto.

Wiranto juga mengucapkan terima kasih kepada Polri dan TNI dan penyelenggara Pemilu yang dapat bersinergi, untuk mewujudkan Pilkada yang aman dan transparan. Namun, tugas Polri dan TNI belum usai, karena memiliki tugas mengawal surat suara dari TPS ke Provinsi.

“Kita baru menyelesaikan tahapan pencoblosan di TPS, masih ada tahapan lain yang menunggu. Misalnya kita masih harus membawa surat suara dari tps ke Provinsi, masih butuh pengawalan,” katanya.

Selain itu, Wiranto juga berterimakasih kepada masyarakat, karena antusiasmenya mengikuti Pilkada kali ini. Hal tersebut sekaligus menjadi cerminan bahwa masyarakat telah dewasa dalam berdemokrasi.

“Ini bangsa indonesia artinya telah menjunjung tinggi demokrasi, dan harus kita kembangkan di masa akan datang,” tegasnya.