Yousaf Saleem Dilantik Sebagai Hakim Buta Pertama di Pakistan

Yousaf Saleem hakim buta pertama di negara Pakistan. Foto MangoBaaz
Yousaf Saleem hakim buta pertama di negara Pakistan. Foto MangoBaaz

Lahore,Sayangi.com- Pakistan telah mendobrak tradisi bahwa seorang hakim harus dapat melihat. Sejarah telah dibuat, ketika Yousaf Saleem menjadi hakim buta pertama di Pakistan. Ia telah mengambil sumpah hakim sipil di sini pada hari Selasa dua hari lalu.

Untuk mencapai posisi tersebut ia telah menempuh jalan panjang mengatasi kekurangannya untuk maju dalam menjalani hidup.Hakim buta ini merupakan alumni universitas Punjab tahun 2014 dan peraih medali emas dalam kelulusannya.

Sebelum menjadi Hakin, Saleem terlebih dulu bekerja di sektor hukum selama dua tahun.

Setelah dilantik, kepada awak media  Saleem mengatakan ia termasuk di antara 21 orang beruntung yang lulus dari 6.500 pelamar. Dia unggul di ujian tulis dan setelah malalui tahap wawancara psikologi barulah ia terpilih.

Jelas hal ini merupakan tonggak sejarah dan saya sangat bangga dan membahagiakan. Betapa tidak, saya mendapat kesempatan untuk pertama kalinya dalam sejarah Pakistan bahwa orang buta dapat bekerja sebagai hakim sipil.

Selain bangga dengan apa yang telah diraihnya, ia juga harus berhati-hati dengan tantangan ke depan, karena tanggung jawab besar ada dipundaknya,ungkap Saleem.

Cara ia bekerja adalah dengan menggunakan perangkat lunak pembaca layar. Alat ini dapat mendengarkan apa pun yang muncul di layar melalui umpan balik suara dan teks menjadi ucapan.

sumber: times of india