Asharf Ghani Siap Dialog Langsung Dengan Pemimpin Taliban

Presiden Afganistan Ashraf-Ghani. Foto The Guardian Nigeria
Presiden Afganistan Ashraf-Ghani. Foto The Guardian Nigeria

Kabul,Sayangi.com- Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pada hari Rabu (27/6) menegaskan lagi ia siap mengadakan pembicaraan perdamaian langsung dengan pemimpin Taliban. Ghani mengatakan pemimpin Taliban Mawlawi Hibatulluah Akhunzada, dapat menentukan di mana saja pertemuan tersebut diinginkan.

Melalui opini yang diterbitkan harian New York Times, Rabu (27/6), Ghani menyerukan peningkatan gencatan senjata terpisah yang telah dicapai pemerintahnya dan Taliban selama tiga hari untuk merayakan Idul Fitri bulan ini.

Dilansir dari VOA news Kamis (28/6/2018) Taliban menolak seruan untuk memperpanjang gencatan senjata Idul Fitri namun pemerintah di Kabul secara sepihak memperpanjang gencatan senjata itu dengan 10 hari lagi.

Lewat opininya Ghani menulis bahwa ia ingin berdialog dengan Akhunzada untuk memenuhi tuntutan para demonstran damai Afghanistan. Para demonstrant provinsi Helmand di Afghanistan selatan telah berjalan lebih dari 600 kilometer ke Kabul pada bulan ini memohon kepada semua pihak mengakhiri konflik di negara itu yang telah terjadi selama beberapa dasawarsa.

“Saya menerima tuntutan mereka, memperpanjang gencatan senjata pemerintah selama 10 hari lagi. Saya mengumumkan bahwa saya bersedia duduk dan berunding dengan pemimpin Taliban, Mawlawi Haibatullah Akhundzada, di mana saja ia mau,” tulis Ghani.

Pemimpin Afghanistan itu menghimbau kepada para pemimpin Taliban agar juga menerima tuntutan rakyat itu dan memperpanjang gencatan senjata serta dengan “niat baik” menyepakati lokasi pembicaraan damai.