Serial TV “The Expanse” Angkat Tema Keragaman Etnis dan Budaya

Serial TV The Expanse. Foto News Ledge
Serial TV The Expanse. Foto News Ledge

Washington DC,Sayangi.com- Dalam beberapa tahun terakhir Hollywood menjadi sorotan karena dinilai kurang terbuka terhadap keragaman dan juga kesetaraan gender. Puncaknya adalah di ajang Academy Awards atau Oscar tahun ini, dimana para bintang mengangkat keragaman dam kesetaraan gender ke mata dunia.

Serial televisi fiksi ilmiah “the Expanse” yang menampilkan aktor, Cas Anvar, bercerita tentang kehidupan manusia di luar bumi sekitar 200 tahun dari sekarang. Film seri ini mengangkat tema keragaman etnis dan budaya.

Sebelumnya Film Black Panther dinilai telah membuka mata Hollywood, dengan menampilkan beragam budaya Afrika. Film tersebut banyak mendapat sambutan positif dari penggemar Film di seluruh dunia.

Tidak hanya di layar lebar, kini thema keragaman juga banyak terlihat di layar kaca, salah satunya lewat serial televisi bertema fiksi ilmiah, “the Expanse.”  Film seri yang diadaptasi dari novel-novel karya penulis James S. A. Corey ini bercerita tentang kehidupan di luar bumi.

Serial cerita “the Expanse. mengambarkan  tenggang waktu antara 200-300 tahun dari sekarang, dengan berbagai permasalahan politik, pertikaian, dan perebutan kekuasaan di dalamnya.

Film seri yang terkenal sangat realistis dari sisi ilmiahnya. Serial tv ini juga menampilkan aktor dan aktris dengan latar belakang etnis dan budaya yang berbeda. Bebarapa aktor yang terlibat peran di serial ini  antara lain aktris Shohreh Agdashloo yang berasal dari Iran dan Florence Faivre yang memiliki darah Perancis dan Thailand.

Serial televisi ini juga menampilkan aktor keturunan Iran asal Kanada, Cas Anvar. Ia lebih dulu  terkenal lewat film layar lebar “Room,” “the Terminal,” “Source Code,” dan “Diana.”

Kepada awak media VOA news Cas Anvar mengatakan “Menurut saya film seri ‘the Expanse’ menampilkan aktor dan aktris dengan latar belakang yang sangat beragam. Kita memiliki lima aktris yang menjadi pemeran utama dan semuanya bukan orang kulit putih.

Di musim tayang yang ke-3 ini kita memiliki delapan aktris pemeran utama dimana enam diantaranya adalah bukan orang kulit putih, ditambah saya dan sekelompok aktor lainnya. Anvar menambahkan, dua ratus tahun dari sekarang akan sulit untuk menemukan seseorang dengan ras yang murni, karena semuanya akan bercampur.

Saat ini serial “the Expanse” telah tayang di stasiun televisi SyFy di Amerika. Serial ini hingga kini sudah sampai di penghujung musim tayang yang ke-3. Rencananya di musim tayang yang ke-4 nanti, “the Expanse” akan ditayangkan melalui layanan streaming video, Amazon.

Menurut Anvar, dengan pindah ke Amazon, serial “the Expanse” akan mendapatkan lebih banyak kebebasan dan tidak bergantung kepada peraturan dari stasiun televisi tradisional.