Inilah 5 Makanan Terbaik Guna Kuatkan Sistem Imun Tubuh di Musim Hujan

Foto WordPress
Foto WordPress

Jakarta,Sayangi.com- Dalam beberapa hari lalu, di musim kemarau Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan. Situasi seperti ini tentu dapat memengaruhi kondisi tubuh. Agar kesehatan tetap terjaga, maka tubuh perlu mengonsumsi beberapa makanan yang kaya akan nutrisi, khususnya vitamin C.

Di dalam tubuh, vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang berarti melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Mengonsumsi vitamin C juga membantu tubuh dalam menyerap zat besi yang sangat penting untuk sistem imun tubuh.

Memang, mengkonsumsi kandungan tinggi vitamin C tidak akan menghentikan gejala flu. Namun bila mengonsumsinya secara teratur, hal ini dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit. Dikutip dari Time Jumat (29/6/2018)inilah lima makanan terbaik untuk meningkatkan sistem imun tubuh:

1.Lemon
Lemon kaya akan bio-flavonoid, senyawa yang membunuh radikal bebas penyebab kanker. Lemon juga mengandung vitamin C. Satu buah lemon sudah dapat memenuhi setengah dari kebutuhan tubuh akan vitamin C. Jadi, menambahkan jus lemon ke dalam menu harian merupakan strategi yang mudah untuk melindungi diri dari pilek dan infeksi lainnya.

2.Apel
Berdasar sebuah studi di Inggris, orang yang makan apel lebih kecil kemungkinan mengalami asma. Di samping itu, kandungan serat yang cukup banyak pada apel dapat membantu mengurangi peradangan selama infeksi.

3.Sup ayam
Tidak sedikit yangberpandangan memandang sup ayam sebagai menu makan biasa. Padahal, sup ayam merupakan sajian yang memiliki khasiat kesehatan. Sup ayam dapat membantu meredakan gejala pilek. Agar lebih padat nutrisi, sup dapat ditambahkan wortel, buncis, kentang, bawang, dan rempah-rempah lainnya.

4.Bawang putih
Aroma tajam pada bawang putih berasal dari senyawa belerang, termasuk allicin. Para ahli percaya bahwa allicin dapat menangkal enzim yang memicu infeksi. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa memakan bawang putih dapat menangkal demam.

5.Jahe
Jahe kaya akan antioksidan. Selain itu, jahe mengandung senyawa yang dapat menunjang sistem imun, seperti beta-karoten dan capsaicin. Di samping itu, sebuah kajian terbaru terhadap 60 penelitian menemukan bahwa jahe mungkin memiliki efek menguntungkan terhadap penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Jahe sebagai bumbu masakan bisa sebagai campuran untuk teh atau kopi.