PPSMMP: Cik Ujang-Haryanto Khianati Perjanjian Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Lahat

Warga Lahat memberi kesaksian diberi uang untuk memilih pasangan Cik Ujang-Haryanto. (Foto: Istimewa)

Lahat, Sayangi.com – Pasangan nomor urut 3 Pilkada Lahat Cik Ujang-Haryanto dinilai telah menkhianati perjanjian Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Lahat yang didalamnya memuat komitmen untuk menghindari politik uang.

Hal itu dikemukakan Pergerakan Pemuda Sumsel Menolak Money Politic (PPSMMP), menyusul semakin banyaknya temuan dan kesaksian dari warga Lahat soal praktik politik uang secara masif yang dilakukan oleh pasangan Cik Ujang-Haryanto.

“Diketahui sebelumnya, bahwa pada tanggal 18 Februari 2018 seluruh pasangan calon bupati dan calon wakil bupati berkumpul dan mendeklarasikan kampanye damai. Namun, sehari sebelum pencoblosan dilangsungkan, banyak warga yang melaporkan bahwa tim pasangan nomor urut tiga Cik Ujang – Haryanto telah membagi-bagikan amplop yang berisi uang 150 ribu,” ujar koordinator PPSMMP Riyan Hidayat dalam pernyatannya di Lahat, Jum’at (29/6).

Seharusnya, menurut Riyan, deklarasi kampanye damai dijalankan dengan penuh komitmen kesadaran berdemokrasi yang baik.

“Kalau komitmen itu dilanggar, maka Pasangan Nomor Urut Tiga Cik Ujang – Haryanto telah menghianati perjanjian deklarasi kampanye damai.” Ungkapnya.

Riyan melanjutkan bahwa Panwaslu mesti bersikap netral dan mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran yang dilaporkan ini. Pihaknya akan terus mengawal laporan-laporan yang ada.

“Panwaslu jangan takut. Panwaslu mesti bersikap tegas terhadap pelanggaran money politic yang dilaporkan. Kita akan terus mengawal laporan-laporan yang ada.” Pungkasnya.

Berikut adalah isi Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Lahat: