Polri: Penyerangan Speedboat Pembawa Surat Suara di Papua Dilakukan Dua KKB

Ketua Perbakin DKI Jakarta Irjen Pol Setyo Wasisto. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya telah memiliki data terkait siapa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang telah menggagalkan Pilkada Serentak di Papua. Mereka Kelompok Melodi Enumbi dan Terinus Enumbi yang pernah menjadi Kelompok Goliath Tabuni, yaitu tentara pembebasan Nasional Papua Barat.

Dikatakan Setyo, dua kelompok ini telah berulang kali melakukan aksi teror di wilayah Papua. Selain menembaki pesawat beberapa waktu lalu, kelompok ini juga menembaki speedboat  yang tengah membawa logistik Pilkada Serentak di Distrik Torere, Puncak Jaya, Papua kemarin.

“Jadi mereka ini satu kelompok, tapi yang mimpin ini dua orang. Mereka ini yang tembak pesawat, tukang ojek dan kemungkinan kapal yang membawa surat suara juga kemarin,” ujar Setyo di Jakarta, Jumat (29/6).

Sampai saat ini, kata Setyo, Polri bersama TNI masih terus mengejar kelompok ini. Apalagi teror yang dilakukan oleh dua kelompok KKB ini telah menggagalkan Pilkada di dua kabupaten di Papua.

“Kami masih memburu kelompok ini. Semua anggota kami sudah menyebar untuk mengejar para pelaku,” katanya.

Lebih jauh Setyo menjelaskan, kelompok ini melengkapi dirinya dengan beberapa jenis senjata api tiap kali melakukan aksinya. Mereka memiliki senjata api laras panjang dan pendek untuk melakukan penyerangan di kedua TKP itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali membuat ulah di Distrik Torere, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (27/6) sekitar pukul 16.00 WIT. Mereka menembaki speedboat yang tengah membawa surat dan kotak suara.

Akibat peristiwa tersebut, Camat Distrik Torere, Obaja Froaro, KBO Binmas Kabupaten Puncak Jaya, Ipda Jesayas H Nusi dan Basat Sabara Kabupaten Puncak Jaya, Brigpol Sinton Kabarek meninggal dunia.