Mexico Gelar Pemilihan Presiden 2018

Andres Manuel Lopez Obrador meraih angka tertinggi dalm pilpres Mexico (1/6/2018). Foto Reuters
Andres Manuel Lopez Obrador meraih angka tertinggi dalm pilpres Mexico (1/6/2018). Foto Reuters

Mexico City,Sayangi.com– Warga Meksiko menggelar pemilihan umum memilih presiden baru dan sejumlah pejabat lainnya. Pemilu tersebut digelar kemarin pada hari Ahad (1/7).

Pemimpin Meksiko hasil pemilu kali ini akan menjalani masa jabatan selama enam tahun yang berakhir pada akhir tahun 2024. Setelah itu presiden secara konstitusional akan dilarang untuk mengikuti pemilihan kembali pada akhir masa jabatan enam tahunnya.

Pemilihan Presiden Mexico kemarin dibuka pada pukul 8 pagi hingga 6 sore. Hampir 90 juta orang Meksiko terdaftar untuk memilih. Warga Meksiko secara otomatis terdaftar sebgai pemilih ketika menerima kartu identitas pemerintah saat usia 18 tahun.

Dalam pemilihan presiden terakhir, pada 2012, lebih dari 50 juta orang memberikan suara untuk jumlah pemilih sekitar 63 persen.Tingkat ketidakpuasan rakyat Mexico terhadap pemerintahan yang sekarang cukup tinggi. Ini lantaran banyaknya kasus pembunuhan dan korupsi yang merajalela.

Empat kandidat presiden berusaha meyakinkan pemilih bahwa mereka mewakili perubahan dari status quo.Calon yang menduduki elektabilitas tertinggi adalah Andres Manuel Lopez Obrador dari National Regeneration Movement. Peringkat kedua adalah Ricardo Anaya yang konservatif, dari National Action Party, atau PAN, dalam koalisi kanan-kiri.

Sementara partai yang berkuasa Institutional Revolutionary yang berkuasa atau PRI Jose Antonio Meade hanya berada di posisi 3. Sedangkan Kandidat independen Jaime Rodriguez berada diurutan bontot.

Dalam sejarah Mexico moderen hanya dua partai yang menduduki kursi kepresidenan dalam sejarah. Partai tersebut adalah PRI, dari 1929 hingga 2000 dan pada 2012 di bawah Presiden Enrique Pena Nieto saat ini. PAN berkuasa dari 2000 hingga 2012.

Presiden hasil pemilu kemarin akan resmi menjabat pada 1 Desember, lima bulan dari waktu pencoblosan.Selain pilpres Warga Meksiko juga akan memilih Kongres baru dimana 128 kursi di Senat dan 500 di Dewan Deputi diperebutkan.

Warga Mexico juga akan memilih badan legislatif negara bagian, delapan gubernur, kepala pemerintahan untuk Mexico City dan hampir 1.600 walikota di seluruh negara. Secara keseluruhan, ada sekitar 17.670 nama pada surat suara di tingkat federal, negara bagian dan lokal.

sumber: express.co.uk