Kelompok LGBT Turki Nekat Gelar Pawai

Pawai LGBT di Istambul Turki (25/6/2018). Foto Daily Mail
Pawai LGBT di Istambul Turki (25/6/2018). Foto Daily Mail

Istambul,Sayangi.com- Meskipun ada larangan pemerintah Turki untuk empat tahun berturut turut kaum gay Turki nekat adakan pawai. Sekitar 1000 orang yang terdiri dari kelompok kelompok gay mengadakan unjuk rasa di dekat Istiklal Avenue dan Taksim Square yang terkenal di kota Istambul

Para aktivis LGBT membentangkan bendera pelangi besar, sementara pernyataan pers dibacakan di tengah pengamanan ketat di wilayah ini.Tak lama kemudian polisi memperingatkan para aktivis untuk bubar. Dengan menggunakan peluru karet polisi membubarkan acara tersebut. Tidak sedikit massa yang terkepung mencoba masuk ke Istiklal Avenue,ungkap  juru foto AFP dari tempat kejadian.

Peneliti Amnesty International, Andrew Gardner di  Twitter menuliskan Ratusan polisi di wilayah Taksim berusaha menghentikan berlangsungnya acara Istanbul Pride itu. Tetapi peserta pawai yang kreatif dan berani mengabaikan larangan itu dan membacakan pernyataan pers mereka di jalan.

Menurut sebuah pernyataan dari Istanbul LGBT dan Pride Week di Facebook Jumat (26/6) malam, pemerintah kota Istanbul mengatakan kepada penyelenggara, bahwa para pejabat “tidak dapat mengambil langkah-langkah untuk menjamin keselamatan mereka.  Dan otoritas Turki mengatakan mereka tidak boleh mengadakan acara itu”. Namun kantor gubernur Istanbul tidak mengeluarkan pernyataan publik terkait acara itu.

“Kami LGBTI + (lesbian, gay, biseksual, transgender, interseks) berada di sini dengan bangga meskipun ada upaya untuk mencegah kami. Dan kami tidak mengakui larangan ini,” seru mereka.

Pawai tahunan itu merupakan acara LGBT yang terbesar di negara yang baru memilih presiden Erdogan kembali menduduki presiden.

sumber:bbc.com