Situs Dioffkan, KPU Minta Masyarakat Tidak Gaduh

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra (tengah). (Ist)

Jakarta, Sayangi.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra mengatakan, untuk sementara waktu, situs KPU sedang dioffkan mengingat adanya potensi serangan yang luar biasa. Akibatnya, masyarakat tidak bisa mengakses hasil real count Pilkada serentak 2018 di situs itu.

“Kenapa kita offkan, karena terjadi serangan. Kalau kita onkan nanti akan berakibat fatal. Kita ingin berikan informasi yang terbaik kepada masyarakat,” ucap Ilham kepada wartwan di gedung KPU, Jakarta, Senin (2/7).

Dia meminta masyarakat agar tidak gaduh terhadap kejadian ini. Menurutnya, masyarakat bisa mengikuti tahap rekapitulasi yang saat ini masih berlangsung di kecamatan.

“Tanggal 4-6 Juli nanti di tahap kabupaten/kota, tanggal 7-9 ada di tahap provinsi, jadi rekapitulasi itulah yang resmi,” terangnya.

Sambil menunggu masa perbaikan hingga situs KPU bisa diakses kembali oleh masyarakat, Ilham mengimbau agar masyarakat tetap mengikuti tahap rekapitulasi di berbagai level tadi dengan seksama. Dia pun menjamin tidak ada manipulasi terhadap proses ini.

“Bagaimana mau manipulasi kan hasil yang diakui berdasarkan rekapitulasi tadi, jadi ikuti saja itu, ini saya juga minta bantu dengan teman-teman media,” tandasnya.