Polisi Tangkap Empat Sindikat Jambret ‘Tenda Orange’, Satu Ditembak Mati

Polsek Metro Tamansari berhasil menangkap empat orang anggota komplotan jambret Tenda Orange, Teluk Gong. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Polisi terus memburu sindikat jambret yang menamai dirinya kelompok Tenda Orange. Seperti diketahui, kelompok ini pernah menjambret Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin beberapa waktu lalu.

Kali ini Polsek Metro Tamansari berhasil menangkap empat orang anggota komplotan jambret Tenda Orange, Teluk Gong. Satu orang pelaku tewas diterjang timah panas petugas karena melawan saat diamankan.

Kapolsek Tamansari AKBP Ruli Indra mengatakan, awalnya pihak kepolisian menangkap AS (35), DT (32) dan MRT (29) di kawasan Teluk Gong, pada Minggu (1/7) malam. Dari informasi ketiganya, polisi akhirnya mengejar dan berganti mengamankan pelaku berinisial RB (30), di kawasan Taman Sari.

“Karena berusaha melawan petugas, RB akhirnya dilakukan tindakan tegas terukur dan akhirnya meninggal dunia,” ujar Ruli di Mapolres Metro Jakarta Barat, Senin (2/7).

Terakhir, kelompok ini diketahui melakukan aksinya di kawasan Mangga Besar pada Selasa (26/6) lalu. Saat itu mereka berhasil mengambil sebuah tas dari seorang pejalan kaki yang melintas

“Salah satu dari anggota mereka, memepet korban kemudian mengambil tas korban. Mereka menjambret tas seorang pejalan kaki berisi handphone, kunci mobil dan STNK,” katanya.

Dalam kasus ini, kata Ruli, pihaknya menyita sejumlah barang bukti berupa dua sepeda motor, yang kerap digunakan saat beraksi. Selain itu, sejumlah barang milik korban seperti tas dan ponsel juga turut diamankan dari tangan pelaku.

“Dari pengakuan pelaku, untuk kunci mobil dan STNK mobil korban dibuang ke kali disamping Kalijodo,” tuturnya.

Saat ini polisi masih memburu lima orang kelompok Tenda Orange yang berinisial WW, DN, MW, KD dan TT. Otak sindikat ini juga masih terus diburu pihak kepolisian.