Wan Azizah Sebut Pernikahan Bocah 11 Tahun Dengan Pria 41 Tahun:ILegal

Perkawinan dini antara Che Abdul Karim dari Kelantan Malaysia dengan bocah berusia 11 tahun dinyatakan Ilegal.Foto Lobak Merah
Perkawinan dini antara Che Abdul Karim dari Kelantan Malaysia dengan bocah berusia 11 tahun dinyatakan Ilegal.Foto Lobak Merah

Kuala Lumpur,Sayangi.com- Publik Malaysia dihebohkan dengan kabar pernikahan seorang pria Che Abdul Karim (41 tahun) asal Kelantan dengan seorang bocah perempuan yang usianya 30 tahun lebih muda darinya. Bocah perempuan 11 tahun itu telah menjadi istri ketiga Abdul Karim.

Dilansir dari Bernama Selasa (3/7/2018) pernikahan keduanya dilangsungkan di Golok, Thailand. Dilaporkan orang tua pengantin perempuan 11 tahun itu disebut sebagai warga negara Thailand.

Terkait pernikahan tersebut Wakil Perdana Menteri (PM) Malaysia, Wan Azizah Wan Ismail ikut buka suara. Wan Azizah menyebut perkawinan tersebut dilakukan secara ilegal. Ia akan membahas lebih lanjut pernikahan yang menjadi sorotan banyak pihak ini, dengan departemen terkait. Pembahasan itu akan melibatkan Departemen Kesejahteraan Sosial (JKM) dan Pengadilan Syariah.

Wakil PM Malaysia ini menggaris bawahi pernikahan antara pria 41 tahun dan bocah 11 tahun itu melanggar hukum. Pernikahan tersebut tidak mendapat izin dari pengadilan Syariah dan usai bocah perempuan di bawah usia minimum untuk menikah,ungkapnya.

Saat menggelar acara open house Idul Fitri bersama 2 ribu yatim piatu di Kuala Lumpur pada Minggu (1/7), wakil PM Malysia ini kembali menyebut pernikahan tersebut diatas tidak sah. Keduanya harus dipisahkan,tutur Wan Azizah.

Berdasar Undang-undang Keluarga Islami yang berlaku di seluruh otoritas Malaysia, usia minimum untuk menikah adalah 18 tahun untuk laki-laki dan 16 tahun untuk perempuan. Orang-orang di bawah usia minimum itu hanya diperbolehkan menikah harus mendapat izin terlebih dulu dari Pengadilan Syariah dan orang tua masing-masing.

Pihak berwajib Malaysia, khususnya Departemen Urusan Agama Kelantan, masih menyelidiki kasus ini. Apabila Karim terbukti bersalah menikahi gadis di bawah umur tanpa izin Pengadilan Syariah, maka ia bakal dikenai denda 1.000 Ringgit (Rp 3,5 juta).