Produser Film Weinstein Terjerat Tuduhan Baru

Produser Harvey Weinstein yang dituduh lakukan pelecehan sexual. Foto The Hollywood Reporter
Produser Harvey Weinstein yang dituduh lakukan pelecehan sexual. Foto The Hollywood Reporter

New York,Sayangi.com- Jaksa distrik Manhattan hari Senin mengajukan tuntutan pidana baru terhadap produser film Harvey Weinstein, yang Mei lalu dituduh melakukan perkosaan dan kejahatan seksual.

Tuduhan baru itu termasuk serangan seksual dan melibatkan perempuan ketiga selain dua yang disebutkan dalam dakwaan sebelumnya. Weinstein, usia 66 tahun, yang pernah menjadi produser film paling berkuasa di Hollywood, mengaku tidak bersalah atas tuduhan pertama.

Benjamin Brafman, pengacara Weinstein, belum bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

Lebih dari 70 perempuan menuduh pendiri kedua studio film Miramax itu melakukan pelanggaran seks, termasuk perkosaan, dalam rangkaian insiden yang terjadi puluhan tahun lalu. Tuduhan itu memunculkan gerakan #MeToo, dan mendorong ratusan perempuan secara terbuka menuduh orang-orang kuat dalam bisnis, pemerintahan, dan hiburan melakukan pelecehan seksual dan tindakan yang tidak pantas.

Setelah memecatnya, Weinstein Co mengajukan pailit pada bulan Maret lalu. Ia juga dipecat dari Akademi Seni dan Sains Motion Picture mengeluarkannya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, akademi itu memberinya Piala Oscar untuk film-film yang turut mempopulerkan sinema independen pada tahun 1990-an, termasuk “Shakespeare in Love” dan “Pulp Fiction.