Mantan PM Malaysia Najib Razak Diciduk Dari Rumahnya

PM Malaysia Najib Razak. Foto Asian Corresponden
PM Malaysia Najib Razak. Foto Asian Corresponden

Kuala Lumpur,Sayangi.com- Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, dilaporkan diciduk Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC). Penahanan dilakukan terkait kasus megakorupsi 1MDB yang diduga dilakukan Najib.

Keterangan ditangkapnya Najib diuangkapkan tim pembela hukum Najib pada Selasa (3/7). Rencananya, mantan Perdana Menteri Malaysia ini akan didakwa atas kasus korupsi hari ini.

Sejak mengalami kekalahan mengejutkan dari kompetitornya, Mahathir Mohamad, dalam pemilu yang berlangsung pada Mei ia dibuntuti kasus korupsi. Pasca lepasnya kursi PM Malaysia Najib telah dilarang pergi dari Malaysia.

Barang-barang bernilai jutaan dolar AS milik politisi berusia 64 tahun ini telah disita pihak berwenang sebagai bagian dari penyelidikan skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Najib tetap kekeh menolak disalahkan atas kasus penyalahgunaan dana milik 1MDB. Ia juga mengklaim tak tahu menahu tentang aliran dana dari perusahaan milik Pemerintah Malaysia itu ke rekening pribadinya.

Bulan lalu, PM Malaysia Mahathir Mohamad mengungkapkan bahwa pihak berwenang sudah memiliki kasus yang hampir sempurna untuk melawan Najib terkait dugaan korupsi dan penyuapan yang terkait dengan skandal 1MDB.

Berdasarkan keterangan pengacara, Pihak penyidik antikorupsi menangkap Najib dari rumahnya setelah menyampaikan perintah penahanan. Hingga berita diturunkan belum ada keterangan terkait penangkapan Najib baik dari Pemerintah mau pun MACC.

sumber:astroawani dan reuters