Konsumsi Bawang Putih Secara Rutin Akan Turunkan Kolestrol

Foto Medical News Today
Foto Medical News Today

Jakarta,Sayangi.com- Banyak orang yang telah memiliki kolesterol tinggi dan gencar mengambil tindakan agar kolesterol dalam tubuhnya bisa turun.Kolesterol tinggi merupakan suatu ketakutan bagi semua orang karena memicu berbagai penyakit serius.

Sama seperti lemak tubuh, kolesterol juga merupakan lemak atau lipid yang diproduksi di lever yang bermanfaat untuk tubuh dalam batas normal. Namun jika kadar kolesterol meningkat, akan timbul gumpalan atau plak di pembuluh darah yang menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi), angina (nyeri dada), serangan jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah perifer.

Bawang putih yang mudah ditemui adalah herbal yang ampuh untuk menurunkan kolesterol secara singkat bila dikonsumsi rutin. Manfaat bawang putih sendiri telah lama digunakan sejak zaman Mesir kuno, India bahkan Tiongkok. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis.

Dilansir dari Live Strong,Rabu (7/4/2018)Bawang putih mengandung allicin kimia yang terbukti mampu membunuh bakteri dan jamur serta mampu meringankan gangguan pencernaan tertentu.

Selain allicin, bawang putih juga mengandung senyawa lain seperti quercetin, sterol dan saponin yang mampu bekerjasama dengan tubuh untuk menjaga kesehatan.