Basarnas Sebut Penumpang KM Lestari Maju Ada 164 Orang, 20 di Antaranya “No Name”

KM Lestari Maju Tenggelam. (Ist)

Jakarta, Sayangi.com – Humas Basarnas Makassar, Hamsidar mengatakan, total penumpang KM Lestari Maju yang tenggelam di perairan Selayar, Sulawesi Selatan ternyata sebanyak 164 orang penumpang. Hal itu didapatkan dari data manifes yang terbaru.

Hamsidar menyebutkan, dari 164 penumpang itu, hanya 144 yang terdaftar. Sementara 20 merupakan “no name”.

“No name itu bukan penumpang gelap, tapi penumpang bus. Dia tetap membeli tiket dari total pembayaran perjalanannya menumpangi bus. Di mana bus yang ditumpanginya naik kapal feri KM Lestari Maju,” kata Hamsidar melalui keterangan resminya, Rabu (4/7).

Menurut Hamsidar, proses penyisiran di sekitar lokasi karamnya KM Lestari Maju masih terus dilakukan. Penyisiran tersebut untuk memastikan tidak ada korban yang masih berada di perairan Selayar.

“Tadi pagi ditemukan lagi jenazah. Dua jenazah dewasa, dua anak-anak yang berjenis kelamin perempuan. Proses evakuasi dan pencarian masih terus dilakukan tim SAR gabungan,” ungkapnya.

Sebelumnya, KM Lestari Maju yang sedang berlayar menuju Kabupaten Selayar kecelakaan sekitar jam 14.30 WITA, Selasa (3/7). Kapal diperkirakan mengalami kebocoran lambung kiri sehingga tenggelam.

“Menurut manifes kapal, ada 139 penumpang dan 48 kendaraan berbagai golongan di dalam KM Lestari Maju,” kata Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan tertulis.

Menurut laporan kedatangan dan keberangkatan kapal yang dibagikan Sutopo melalui pesan digital, kendaraan yang diangkut KM Lestari Maju, antara lain 18 unit golongan II, 14 unit golongan IV, satu unit bus golongan V, tujuh unit truk golongan golongan V, satu unit bus golongan VI dan tujuh unit truk golongan VI.