Dewan Keamanan PBB Gelar Pertemuan Darurat Bahas Situasi Suriah

Ketua Dewan Keamanan PBB Olof Skoog dari Swedia.Foto Getty Image.
Ketua Dewan Keamanan Ketua Dewan Keamanan PBB Olof Skoog dari Swedia.Foto Getty Image.

New York,Sayangi.com- Dewan Keamanan (DK) PBB akan mengadakan pertemuan darurat pada hari ini dengan agenda membahas situasi terbaru di Suriah.

Pertemuan darurat ini dilakukan di tengah meningkatnya pertempuran antara pasukan pemerintah Suriah yang dibantu Rusia, dengan oposisi Suriah di bagian selatan negara itu.Pertempuran ini telah memaksa sekitar 300.000 orang mengungsi.

Dilansir dari Kamis (5/7/2018) Pertemuan tersebut digelar berdasarkan permintaan dari Swedia, yang merupakan ketua Dewan Keamanan (DK) PBB saat ini. Ketua DK mengatakan pada Selasa (3/7) bahwa Swedia dan Kuwait meminta pertemuan tertutup guna membahas perkembangan perang Suriah.

PBB memperkirakan bahwa antara 270.000 hingga 330.000 warga Suriah telah mengungsi sejak pengeboman berlangsung di provinsi barat daya Daraa pada 19 Juni.

Pada pertemuan hari ini Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) akan melaporkan kepada 15 anggota Dewan tentang situasi kemanusiaan di Daraa, yang berbatasan dengan Yordania.

Harus ada langkah langkah untuk mengurangi kekerasan, juga untuk memungkinkan konvoi lintas batas PBB dari perbatasan Yordania yang siaga untuk menyebarkan secepat mungkin,” imbuh diplomat Swedia.

Dalam pertemuan hari ini,Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan akan turut melaporkan kepada 15 anggota DK PBB tentang situasi kemanusiaan di Daraa, yang berbatasan dengan Yordania.

Saat ini pemerintah Yordania dan Israel mengatakan bahwa perbatasan mereka akan tetap tertutup meski puluhan ribu warga Suriah melarikan diri dari serangan pemerintah.