Ketua DPR: Kinerja Polri Meningkat Sejak Dipimpin Tito

Ketua MP RI Bambang Soesatyo. (Foto: Sayangi.com/Fahri)

Jakarta, Sayangi.com – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, citra Polri di bawah tongkat komando Kapolri Jenderal Tito Karnavian terus meningkat. Hal itu terlihat dari hasil survei tingkat kepuasan masyarakat terhadap Polri yang mencapai 82,9 persen di tahun 2018.

“Wajar semenjak dipimpin Pak Tito memang kinerja kepolisian terus meningkat, kepercayaan publik meningkat juga,” kata Bamsoet di gedung DPR, Rabu (4/7).

Dia berharap Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Bhayangkara pada 1 Juli 2018, menjadi momentum bagi Polri untuk terus meningkatkan kinerja dan tidak berpuas diri atas capaian yang sudah diraih selama ini.

“Saya berharap kepolisian terus dapat meningkatkan kinerjanya. Menurut saya wajar kalau polisi trend perbaikannya terus meningkat,” ujarnya.

Sedangkan Anggota Komisi III DPR, Eddy Wijaya Kusuma mengapresiasi kinerja Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang terus meningkatkan citra kepolisian menjadi lebih baik lagi. “Alhamdulillah kalau Polri sudah dinilai baik,” kata anggota fraksi PDI Perjuangan ini.

Namun, Eddy yang merupakan purnawirawan Polri ini berharap agar Korps Bhayangkara terus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat termasuk mengayomi dan melindungi secara profesional. “Serta sebagai penegak hukum yang berhasil,” tandasnya.

Kompolnas sebelumnya juga memuji kinerja Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam hal pelayanan kepada masyarakat sehingga citranya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Komisioner Kompolnas Poengky Indar menyebut ini menjadi bukti dari survei yang menilai tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri naik.

“Kompolnas menyambut baik hasil survei yang menyatakan bahwa citra Polri terus meningkat, hal ini dibuktikan dengan tingginya tingkat kepuasan masyarakat mencapai 82,9 persen di tahun 2018. Naik sangat signifikan dari 46,7 persen di tahun 2014,” kata Poengky melalui keterangan tertulis, Rabu (4/7).

Kompolnas selaku pengawas eksternal Polri juga melihat semakin baiknya performance Polri dalam dua tahun terakhir. Menurut Poengky, hal ini tidak lepas dari kepemimpinan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang tegas, profesional dan mampu mendinamisir anggota untuk dapat menunjukkan pelayanan terbaik pada masyarakat.

“Pelayanan, pengayoman, perlindungan kepada masyarakat dan penegakan hukum yang merupakan tugas Polri dapat terlaksana dengan baik, sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat juga baik,” ujarnya.

Meski demikian, Poengky mengingatkan Polri masih perlu banyak berbenah khususnya Reskrim agar dapat meningkatkan profesionalitas, meningkatkan skill, knowledge, cepat, sigap dan cermat dalam melayani serta memberikan rasa nyaman kepada masyarakat.

“Pelayanan Polri yang baik yang dipantau dari 6 Polda, diharapkan juga dapat dirasakan di seluruh Polda di Indonesia,” jelas dia.