Wakapolri: Persoalan Street Crime Harus Diselesaikan dan Tidak Boleh Ada

MenPAN-RB Syafruddin. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Wakapolri Komjen Pol Syafruddin mengatakan, pihaknya terus mengintensifkan pemberantasan tindak kriminal jalanan. Menurutnya, tindak kriminal jalanan harus diberantas hingga ke akarnya.

“Masalah street crime harus diselesaikan dan tidak boleh ada. Harus diselesaikan, harus dihentikan,” ujar Syafruddin di gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (5/7).

Disampaikan Syafruddin, masalah kriminal jalanan merupakan persoalan yang mudah. Tidak perlu ada strategi khusus untuk pemberantasan masalah tersebut.

“Itu gampang menyelesaikannya, tidak memerlukan pikiran, itu hanya memerlukan kehadiran fisik dan investigasi yang lebih luas, lebih mendalam,” terangnya.

Syafruddin juga memberi contoh, salah satu tindak kriminalitas jalanan ialah peredaran minuman keras ilegal. Hal-hal semacam demikian harus juga diperhatikan.

“Seperti peredaran miras, saya katakan street crime harus berhenti,” tegasnya.

Dalam waktu dekat ini, kata Syafruddin, Mabes Polri akan mengevaluasi sejauh mana keberhasilan tiap Polda dan Polres, dalam menurunkan tindak kriminalitas jalanan di wilayahnya. Bila tidak ada perubahan, maka akan komandan di daerah tersebut dapat diberhentikan.

“Nanti kita akan evaluasi, penilaian. Pimpinan-pimpinan, komandan wilayah, yang street crimenya tidak berhenti kita ganti, gampang saja,” pungkasnya.