China Tak Akan Gentar Hadapi Tarif Impor AS

Gao Feng Juru Bicara Menteri Perdagangan China. Foto Telegram.
Gao Feng Juru Bicara Menteri Perdagangan China. Foto Telegram.

Beijing,Sayangi.com- China berkukuh menghadapi seperangkat tarif impor yang diberlakukan Amerika Serikat terhadap produk-produknya. Seiring itu China memperingatkan bahwa negara Tirai Bambu ini akan menanggapinya dengan setimpal begitu tarif itu diterapkan.

Rencana presiden Amerika Donald Trump untuk memberlakukan tarif impor 25 persen terhadap lebih dari 800 produk China bernilai sekitar 34 miliar dolar dijadwalkan berlaku mulai pukul 00.01 hari Jumat waktu Washington.

Juru bicara Kementerian Perdagangan China, Gao Feng mengatakan kepada wartawan hari Kamis (5/7) bahwa Beijing “tidak akan melepaskan tembakan pertama” dalam kemungkinan perang dagang dengan Washington. Gao menyatakan bahwa tidak akan ada pilihan lain bagi China kecuali membalas untuk membela kepentingan negara dan rakyatnya.

“China tidak akan tunduk dalam menghadapi ancaman dan pemerasan,” ujar Gao. Ia memperingatkan bahwa tindakan Amerika “pada dasarnya menyerang rantai nilai dan pasokan global,”. Gao juga menyebut Amerika Serikat “melepaskan tembakan terhadap seluruh dunia termasuk Amerika sendiri.”

Gao juga menyatakan bahwa barang-barang bernilai sekitar 20 miliar dolar yang akan dikenai tarif oleh Amerika itu didukung oleh investor asing, termasuk sebagian besar dari investor Amerika sendiri.