Suhu Panas Ektrem di Australia Akibatkan Ban Mobil “Meleleh”

Panas Ektrem di Australia. Foto ABC
Panas Ektrem di Australia. Foto ABC

Queensland,Sayangi.com- Wilayah wilayah Queensland utara, Australia dilanda cuaca panas yang ektrem. Saking cuaca panas yang tinggi, ban-ban puluhan mobil terlihat seperti “meleleh”.

Pemandangan ini lantaran ban ban tersebut dberlumur aspal panas di jalan yang mencair karena suhu panas ekstrem. Akibatnya sekitar 50 pengemudi terpaksa meninggalkan kendaraan mereka di jalan. Kondisi itu telah memicu kekacauan lalu lintas dan kerusakan kendaraan.

Dikutip ABC net.au, Jumat (6/7/2018) Departemen Transportasi dan Jalan Utama (TMR) Australia terpaksa menutup Malanda Millaa Millaa Road  dikawasan Tarzali di Atherton Tablelands pada hari Rabu. Mereka melakukan perbaikan darurat setelah menerima beberapa keluhan pengguna jalan.

Bridget Daley, seorang pengemudi setempat mengatakan ban kendaraannya ditutupi aspal yang mencair. Ia mengatakan “Saya benar-benar merasa ngeri ketika menemukan bahwa ada tiga inci aspal yang melapisi keempat roda kendaraan saya. Sepertinya kami serangga yang tertangkap di jaring laba-laba dan kami tenggelam.

“Ada orang-orang yang ditarik di sisi jalan dan mereka sepenuhnya tidak percaya dengan apa yang terjadi pada kendaraan mereka,” lanjut Daley.

Pengemudi lain yang berbagi keluhan di media sosial menyebut kondisi jalan akibat panas ekstrem adalah “aib”. Suhu panas telah merusak cat dan kaca depan mobil baru kami,” tulis pengemudi bernama Anissa Rasmussen di media sosial.

“Kami dihentikan oleh polisi di Tarzali 10 kilometer dari tujuan kami karena mobil-mobil rusak tertutup ter, aspal yang meleleh melapisi roda mereka,” lanjutnya.

Pemimpin distrik setempat, Sandra Burke, mengatakan suhu panas yang ekstrem telah menyebabkan permukaan jalan aspal mencair. “Ini kombinasi faktor.

“Kami memiliki kondisi cuaca ekstrem di Malanda Millaa Millaa Road. Cuaca dingin serta basah yang dikombinasikan cuaca panas ektrem yang tiba tiba menyebabkan situasi ini terjadi,” imbuh dia.

Insiden serupa pernah terjadi di Victoria pada awal tahun ini. Jalan Hume Highway di negara bagian Victoria meleleh saat wilayah itu dilanda gelombang panas ektrem.