Inggris Rencanakan Bangun Bandara Antariksa

Bandara Antaraiksa Inggris di dibangun Enterprise HIE di ,A'Mhoine Sutherland,Scotlandia Utara,I
Bandara Antaraiksa Inggris di dibangun Enterprise HIE di ,A'Mhoine Sutherland,Scotlandia Utara,I

Scotlandia,Sayangi.com- Kerajaan Inggris merencanakan bakal membangun bandara antarariksa pertama di negara ini. Bandara tersebut terletak di lahan datar terpencil di pantai utara Skotlandia.

Pemerintah Inggris telah memiliki ide untuk bandara antariksa satu dekade lalu dan memperbaiki aturan yang dapat mewujudkannya. Di negara itu telah ada sektor manufaktur satelit kecil. Kondisi ini memungkinkan konsumen meluncurkan pesawat antariksa secara lokal akan mendorong industri itu.

Menteri Bisnis Inggris Greg Clark mengumumkan rincian lebih lanjut dukungan pemerintah itu saat Farnborough Air Show pekan ini. Dia telah mengalokasikan dana 50 juta poundsterling untuk proyek tersebut, termasuk sebesar 2 juta poundsterling untuk meninjau pembangunan peluncuran horisontal.

Senada dengan Kementrian Bisnis,Badan Antariksa Inggris juga telah menggelontorkan dana sebesar 2,5 juta poundsterling pada Highlands and Islands Enterprise (HIE) untuk pengembangan fasilitas itu. Semenanjung A’Mhoine di Sutherland telah dipilih sebagai tempat paling cocok untuk peluncuran roket secara vertikal untuk menempatkan satelit di orbit.

HIE akan bekerja sama dengan konsorsium termasuk dengan raksasa aerospace Amerika Serikat (AS), Lockheed Martin. Semenanjung A’Mhoine di Sutherland telah dipilih sebagai tempat paling cocok untuk peluncuran roket secara vertikal untuk menempatkan satelit di orbit. Peluncuran paling cepat akan dimulai¬†tahun 2020-an.

Chief Executive Officer (CEO) HIE Charlotte Wright mengucapkan Keputusan untuk mendukung bandara antariksa pertama Inggris di Sutherland merupakan kabar luar biasa bagi wilayah kami dan untuk Skotlandia secara keseluruhan.

Wright menambahkan, “Sektor antariksa internasional tumbuh dan kami ingin memastikan kawasan itu siap mereguk keuntungan ekonomi yang akan dihasilkan dari peluang fantastis ini,ungkapnya.

Dari pihak Lockheed Martin perusahaan aero space ini ngin membawa roket Electron ke Skotlandia. Saat ini roket itu diluncurkan dari Selandia Baru. Untuk Versi Inggris roket itu akan memiliki unit pendorong dan dispenser satelit yang dikembangkan dan dibangun Ampthill di Bedfordshire, Harwell di Oxfordshire dan di Reading.

Eksekutif Lockheed Martin untuk Inggris Patrick Wood menjelaskan sebagai negara yang kami tidak berinvestasi dalam roket peluncuran sejak 1971 dan Black Arrow yang menempatkan satelit Prospero. Saya sangat bangga bekerja dengan tim Lockheed Martin dan mitra kami dalam melakukan peluncuran pertama dari tanah Inggris.

sumber: spaceflightnow.com