Ingin Bobot Berkurang?Santaplah Makanan Sehat Bukan Makanan Enak

Foto YouTube
Foto YouTube

Jakarta,Sayangi.com- Bagi yang sedang berusaha menurunkan berat badan, santaplah makanan yang sehat bukan yang enak itulah jawabnya.Agar berat badan bisa turun sebaiknya memikirkan manfaat kesehatan dari makanan yang hendak disantap daripada memikirkan rasanya.

Menurut sebuat penelitian dari University of Tübingen, Jerman, dengan mmepertimbangkan manfaat dan nilai gizi dari suatu makanan, dan makan dengan porsi lebih sedikit akan dapat menurunkan berat badan.

Hasil dari penelitian di Jerman ini telah dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Society for the Study of Ingestive Behavior di Bonita Springs, Florida. Pertemuan tersebut telah digelar minggu ini dari tanggal 17 hingga 21 Juli.

Dilansir dari Daily Mail Jumat (20/7) penelitian tersebut telah melibatkan responden dengan berat badan beragam. Responden penelitian melibatkan individu dengan berat badan normal hingga obesitas.

Sebelum menyantap hidangan para responden diberitahu untuk memikirkan dari segi efek kesehatan dari makanan, kesenangan yang diharapkan, atau tetap kenyang sampai waktu makan malam. Ketika diminta untuk berpikir tentang kesehatan, semua peserta memilih makanan dengan porsi yang lebih kecil.

Para responden juga diminta berpikir tentang rasa dan kenikmatan dari suatu makanan. Penelitian tersebut menemukan peserta dengan obesitas memilih porsi makanan yang lebih besar.

Para peniliti juga menggunakan alat pemindai otak,dan menemukan bahwa pola pikir yang fokus pada kesehatan dapat memicu aktivitas di prefrontal cortex. Aktifitas Prefrontal cortex merupakan bagian otak yang berkaitan dengan pengendalian diri

Stephanie Kullmann, penulis utama penelitian ini menyatakan “Angka obesitas yang semakin meningkat berhubungan langsung dengan porsi makan yang semakin bertambah banyak. Kami menemukan bahwa mengubah pola pikir pada masing-masing individu dapat meningkatkan kontrol terhadap porsi makan.