Raja Salman Berlibur di Neom Mega-City Saudi Senilai Rp7.206 Triliun

Foto The National
Foto The National

Riyard,Sayangi.com- Neom, sebuah mega-city sekaligus zona bisnis utama paling megah di kerjaan Saudi Arabia saat ini. Nilai aset di bangunan baru milik Kerajaan Arab Saudi ini senilai USD500 miliar atau lebih dari Rp7.206 triliun. Tempat ini telah dipilih sebagai tempat liburan Raja Salman dan keluarga.

Kantor berita negara Saudi, SPA menuliskan “Raja akan menghabiskan waktu dalam beristirahat dan berekreasi di Neom,”. Kantor berita ini tidak memberikan rincian perihal dimana raja berusia 82 tahun itu akan tinggal selama liburan di NEOM.

Biasanya, keluarga kerajaan secara tradisional menghabiskan sebagian besar waktu musim panas di luar negeri seperti Riviera di Prancis, Marbella di Spanyol selatan dan Tangier di Maroko.

Kantor berita negara Saudi, SPA, melaporkan, Putra Mahkota Mohammed bin Salman telah berjanji untuk membangun dari awal zona bisnis itu di sudut terpencil Kerajaan Saudi.

Dikutip dari Reuters Selasa (31/2)pada tahun lalu Pangeran Mohammed pernah mengumumkan rencananya untuk mendisain pusat kota berteknologi tinggi futuristik seluas 26.500km persegi.

Bangunan ini dirancang  sebagai bagian dari reformasi yang bertujuan menciptakan lapangan kerja. Pembangunan diatas diharapkan mendorong investasi asing dan memungkinkan kebebasan baru bagi orang-orang Saudi yang mendalami puritanisme agama. Selain itu bangunan megah tersebut diharapkan mengatasi ketergantungan negara terhadap sektor minyak.

Pada bulan Februari, sumber Saudi mengatakan kepada Reuters bahwa pemerintah telah meminta perusahaan konstruksi lokal untuk membangun lima istana. Kelima istana tersebut diperuntukan bagi raja, putra mahkota dan para bangsawan senior lainnya.

Istana tersebut dibangun di pantai Laut Merah sekitar 150km sebelah barat Kota Tabuk. Setidaknya beberapa istana diyakini telah selesai dibangun dalam hitungan bulan, dengan biaya yang dirahasiakan

Sebuah dokumen desain yang dilihat oleh Reuters menunjukkan bangunan mewah dengan arsitektur modern dan tradisional bergaya Maroko. Bangunan tersebut juga menampilkan desain Islam serta berubin keramik berwarna-warni. Kompleks istana juga dilengkasi fasilitas helipad, marina, serta lapangan golf.

Pihak Istana Kerajaan tidak segera menanggapi pertanyaan awak media tentang status bangunan Neom tersebut. Hingga kini bangunan NEOM tidak bisa diakses sebagian besar warga sipil.