Kapolri dan Panglima TNI Terima Estafet Obor Asian Games di Jakabaring

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian membawa lari obor Asian Games di Jakabaring Sport City Palembang Sumatera Selatan, Sabtu (4/8).

Palembang, Sayangi.com – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto menghadiri acara Ceremony Torch Relay Asian Games XVIII 2018 di Palembang, Sabtu (4/8).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolri dan Panglima TNI didaulat menerima Obor Asian Games di Jakabaring Sport City Palembang Sumatera Selatan.

Dalam kegiatan tersebut Kapolri didampingi oleh Asops Kapolri, Irjen Pol. Drs. Deden Juhara; Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs. Zulkarnain; Karo Penmas, Brigjen Pol. Mohamad Iqbal, SIK, M.H.; Karo Provos, Brigjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si

Kegiatan diawali dengan pertunjukan Akrobatik Udara, Penerjunan Obor dan Bendera Protokol.

Ceremony Torch Relay Asian Games XVIII 2018 ini dimulai dengan penyerahan Obor dari penerjun kepada Panglima TNI kemudian dilanjutkan Panglima TNI menyerahkan Obor kepada Gubernur Sumsel, setelah itu Gubernur Sumsel menyerakan obor kepada Kapolri. Setelah menerima Obor, Kapolri berlari membawa Obor yang diserahkan kepada Bapak Muddai Madang.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn.) Ryamizard Ryacudu; Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.; Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum, dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Zulkarnain serta sejumlah Pejabat Utama Polda Sumsel.

Setelah prosesi penyerahan obor selesai, Kapolri didampingi rombongan dari Mabes Polri melakukan peninjauan terhadap Pos Pengaman Asian Games yang berada di Jakabaring Sport City.

Obor Asian Games tiba di Palembang, sejak Jumat (3/8) dari Provinsi Jambi, dan disemayamkan selama satu malam di Bandara Sultan Mahmud II. Kemudian Sabtu pagi dibawa oleh 52 penerjun TNI Angkatan Udara ke Kompleks Jakabaring Sport City.

Obor Asian Games kemudian diarak mengelilingi Kota Palembang, mulai dari kawasan Jakabaring Sport City (JSC) – Jemb Ampera – Jl. Merdeka – Kambang Iwak – Jl. A. Rivai – Jl. POM IX – Jl. Demang Lebar Daun – Simpang Polda – Jl. Basuki Rahmad – Jl. R. Soekamto – Jl. AKBP Cek Agus – Jl. M. Isa – Jl. Veteran – Simpang RS Charitas – Jl. Jend Sudirman – Jl. Merdeka – Lap BKB.

Ribuan warga sudah berkerumun di pinggir jalan protokol untuk menyaksikan Kirab Obor yang menandakan bahwa Palembang tak lama lagi akan menjadi tuan rumah hajatan besar Asian Games.

Pada pukul 15.00 WIB, Kirab Obor diperkirakan akan tiba di Benteng Kuto Besak untuk diserahkan ke pejabat pelaksana harian Wali Kota Harobin Mustafa.

Kemungkinan obor akan dibawa mengelilingi Pulau Kemaro dgn menggunakan kapal. Lalu pawai obor kembali lagi ke BKB menuju Rumah Dinas Wali Kota Palembang dengan melintasi Jl. Merdeka – Simpang Kodim – Jl. Kambang Iwak.

Kemudian, pada Minggu (5/8), obor Asian Games akan diserahkan Pemerintah Kota Palembang ke Pemerintah Kabupaten Banyuasin di kawasan KM 14, untuk kemudian dibawa berkeliling ke enam kabupaten kota di Sumsel, sebelum akhirnya ke Provinsi Lampung.